Print this page

2.000 masyarakat Kresek Dapat Pengobatan Gratis

2.000 masyarakat Kresek Dapat Pengobatan Gratis

detakbanten.comTANGERANG - Sebanyak 2.000 masyarakat dari Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, mendapat pengobatan gratis dalam bakti sosial yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Dana Kemanusiaan Kompas pada Sabtu, 1 November 2014 di Lapangan Desa Pasir Ampo, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang.

Dalam bakti sosial tersebut dilaksanakan pula sunatan massal terhadap 100 anak, sumbangan 151 kacamata dan 520 paket Makanan Penambah (MP) ASI. Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur Banten H. Rano Karno, SIP mengatakan, bakti sosial ini merupakan wujud tekad Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, Pemerintah Kabupatan (Pemkab) Tangerang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Bakti sosial ini diprioritaskan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan pertolongan," katanya.

Plt. Gubernur mengatakan masalah pelayanan dasar yang bersifat wajib, seperti pendidikan, kesehatan, harus mendapat perhatian serius dari pemerintah, pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

Untuk itu, Plt. Gubernur mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama membangun silaturahmi dan bergandengan tangan untuk mewujudkan persatuan, kesatuan dan melaksanakan pembangunan sehingga bisa terlepas dari kebodohan dan kemiskinan.

"Bagi nasyarakat mampu, marilah kita bersama-sama masyarakat yang belum mampu, mari kita tingkatkan rasa empati dan kesetiakawanan sosial terhadap saudara-saudara kita yang belum mampu," ajaknya.

Bakti sosial di Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang merupakan kegiatan terpadu antar Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) di Lingkungan, Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Dana Kemanusiaan Kompas. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, dr. Sigit Wardoyo menjelaskan, bantuan pengobatan gratis, kacamata, dan sunatan masal berasal dar Dana Kemanusiaan Kompas.

Pemberian MP ASI berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten, paket santunan, berasal dari Dinas Sosial Provinsi Banten.

"Dan, tenaga medis dan paramedis pada sunatan masal bersal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang," katanya.

Selain paket bantuan, di lokasi bakti sosial juga diselenggarakan Pasar Terbang, tang menyediakan kebutuhan sehari-hari masyarakat dengan harga terjangkau.

Camat Kresek Kabupaten Tangerang, H. Ahmad Hasuri, mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan Bakti Sosial di Kecamatan Kresek. Kegiatan ini, sangat bermanfaat buat warga Kecamatan Kresek.

"Kami dan beserta seluruh warga Kecamatan Kresek, mengucapkan terima kasih, atas bantuan dari semua pihak sehingga terlaksana kegiatan bakti sosial ini," katanya.

Hasuri menjelaskan, penentuanKresek sebagai lokasi. Bakti sangat tepat.

"Kami sangat membutuhkan bantuan ini," katanya.

Menurut Hasuri, Kresek merupakan wailayah yang langganan terkena bencana banjir akibat luapan Sungai Cidurian. Setiap tahunnya, banjir menggenangi wilayah Kresek terutama Desa Pasir Ampo, Desa Koper dan Desa Patrasana.

"Setiap tahun, warga kami, selalu ketiban bencana banjir," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Nandy Mulya menjelaskan, pihaknya terlibat dalam bakti sosial ini dalam penentuan lokasi. Kecamatan Kresek didasarkan pada pertimbangan banyak masyarakat yang membutuhkan akibat bencana banjir yang datang setiap tahun. Untuk mendapatkan sasaran penenrima bantuan, pihaknya mengerahkan tanaga pendamping Progran Keluarga Harapan dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kresek.

"Dengan cara seperti itu, bakti sosial yang dilaksanakan saat ini tepat sasaran," katanya.