Bupati Tangerang Bagikan 5.887 Kartu Pintar

Bupati Tangerang Bagikan 5.887 Kartu Pintar

detakbanten.comTANGERANG - Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang membagikan 5.887 Kartu Pintar Kabupaten Tangerang (KPKT) yang diperuntukkan bagi siswa yang kurang mampu di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, mengatakan, ada sekitar 5.887 KPKT yang dilaunching pada hari ini untuk siswa/i yang kurang mampu, agar bisa terus bersekolah.

"Ada 5.887 siswa didik yang berasal dari keluarga miskin dan sangat miskin dari kelas 10, 11 dan 12 yang mendapatkan bantuan program Kartu Pintar ini," ujar Zaki, Selasa (28/10).

Zaki menambahkan, bantuan yang diberikan Pemkab Tangerang dari APBD 2014 adalah untuk kelas 10 sebanyak 2.764 siswa dengan besaran bantuan Rp.500.000, kelas 11 sebanyak 1.462 siswa dengan bantuan sebesar Rp.1.000.000, dan kelas 12 sebanyak 1661 sebesar Rp. 1.000.000. Lanjut Zaki, bantuan ini akan diberikan setahun sekali kepada peserta didik penerima bantuan.

"Bantuan ini dialokasikan untuk beberapa komponen, seperti, transportasi, pakaian seragam sekolah, tas, buku, alat tulis, alat dan bahan praktik serta biaya kursus,"tambahnya.

Nantinya, bantuan ini bisa langsung dicairkan oleh siswa dengan didampingi orang tua di Bank Jabar Banten (BJB). Selain itu, nantinya ada laporan yang harus dilaporkan oleh siswa kepada sekolah terkait bantuan tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Tangerang, Zaenudin mengatakan, Kartu Pintar berbentuk mirip kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tersebut, akan dibebaskan dari segala biaya selama mereka sekolah. Untuk membukanya, kata Zaenudin, akan dilengkapi dengan PIN tersendiri.

"Bentuknya seperti ATM. Jadi membukanya juga harus ada pin tersendiri. Kartu ini, tidak bisa dipakai buat belanja, karena fungsinya adalah untuk mengkafer biaya
pendidikan siswa,"ujar Zaenudin.

Go to top