DINILAI LAYAK, BANTEN JADI TUAN RUMAH SEMILOKA KI NASIONAL

DINILAI LAYAK, BANTEN JADI TUAN RUMAH SEMILOKA KI NASIONAL

detakbanten.comKota Serang - Dinilai baik dalam melakukan keterbukaan informasi publik pada roda Pemeerintahannya, Provinsi Banten dipercaya menjadi tuan rumah Sminar Loka Karya (Semiloka) Nasional Komisi Informasi se- Indonesia. Pembukaan semiloka tingkat Nasional ini diresmikan langsung oleh Plt. Gubernur Banten Rano KArno, di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Selasa (28/10).

Dalam sambutannya, Ketua Komisi Informasi Banten Alamsyah Basri memberikan apresiasinya kepada Biro Humas dan Protokol Provinsi Banten yang telah memfasilitasi Semiloka KI tingkat nasional ini. Di depan Komisioner KI Pusat dan perwaiklan KI daerah yang hadir pada acara tersebut Alam juga menjelaskan bahwa Keterbukaan Informasi Publik di Pemprov. Banten saat ini cukup baik. hal ini terlihat dari prestasi Keterbukaan Informasi Publik Pemprov Banten yang berada di urutan kelimake- 5 tingkat nasional.

"Era keterbukaan informasi publik di Banten ini tidak ketinggalan. dan hanya di Banten pula komisi informasi dibentuk dengan sistem pemilihan" papar Alam.

Sementara itu, Plt. Gubernur Banten dalam kesempatannya mengatakan bahwa segala upaya yang telah dilakukan Pemprov Banten terkait keterbukaan informasi publik tidak lain adalah sebagai pelaksanaan amanah perundang-undangan yang diterbitkan pemerintah pusat yang diantaranya yaitu undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik yang saat ini sudah menjadi hukum positif bagi penyelenggaraan keterbukaan informasi publik di indonesia.

"Untuk itu pemerintah provinsi banten berupaya untuk selalu melaksanakan amanah tersebut." Jelas Rano.

Plt. Gubernur ini juga optimis untuk tahun 2014 ini Pemprov Banten bisa meraih prestasi yang lebih baik dari tahun sebelumnya terkait tata kelola keterbukaan informasi publik.

"Untuk itu, PPID Pemprov Banten yakni Biro Humas dan Protokol serta Dishubkominfo telah berupaya mempersiapkan segala sesuatunya diantaranya yaitu perbaikan manajemen tata kelola keterbukaan informasi, kesiapan sistem jaringan informatika dan berbagai kesiapan lainnya." paparnya.

Semiloka Komisi Informasi tingkat Nasional ini dijadwalkan berlangsung hingga 30 Oktober bertempat di salah satu Hotel di Anyer, dengan dikikuti lebih dari 60 peserta dari 27 provinsi di Indonesia yang telah membentuk Komisi Informasi.

Go to top