BANTEN MINTA DUKUNGAN DPD REALISASIKAN PROYEK STRATEGIS

BANTEN MINTA DUKUNGAN DPD REALISASIKAN PROYEK STRATEGIS

detakbanten.comSERANG - Pemerintah Provinsi Banten meminta Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Banten mendorong pemerintah pusat untuk mempercepat pembangunan proyek-proyek strategis nasional di Banten.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno di Serang, Rabu mengatakan, ada sejumlah program pembangunan strategis nasional di Banten terutama program MP3EI termasuk koridor Jawa-Sumatera, membutuhkan dukungan penuh semua elemen masyarakat.

Menurut Rano, sejumlah program pembangunan strategis diantaranya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Waduk Karian, Sindangheula, Jembatan Selat Sunda, Bandara Banten Selatan dan Pembangunan Pelabuhan Bojonegara.

"Program-program tersebut membutuhkan suport secara khusus dari DPD RI asal Banten untuk membawa aspirasi dan mendorong kepada kepada pemerintah pusat," kata Rano saat menerima kunjungan silaturahim tiga anggota DPD RI asal Banten.

Rano mengatakan, untuk merealisasikan program pembangunan strategis nasional tersebut, Banten juga membutuhkan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Banten (RTRW).

"Kami butuh kawalan pengawalan DPD untuk mendorong kepada pemerintah pusat," katanya.

Bahkan sebelumnya, kata Rano, sebelum Joko Widodo menjadi Presiden, sudah menyampaikan secara langsung terkait rencana melanjutkan pembangunan Pelabuhan Internasional Bojonegara, untuk membantu kelebihan baban di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

"Saya punya keyakinan Pak Jokowi sekarang sudah jadi presiden, sudah pasti akan mendukung pembangunan Pelabuhan Bojonegara," kata Rano.

Sementara itu Ketua Tim Rombongan DPD RI asal Banten Ahmad Subadri berkomitmen untuk mendorong pemerintah pusat memberikan dukungan untuk percepatan sejumlah program pembangunan strategis nasional di Provinsi Banten tersebut

Ahmad Subadri juga meminta kepada Plt Gubernur Banten menginisiasi forum bersama antara pemprov Banten dengan anggota DPD dan DPR RI dari Banten, dalam memanfaatkan masa reses untuk memperjuangkan aspirasi daerah Provinsi Banten secara bersama-sama.

"Tentu kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Banten, terutama mendorong pemerintah pusat kaitannya dengan program-program pembangunan strategis nasional yang ada di Banten," kata Ahmad Subadri.

‪Dalam kesempatan yang sama anggota DPD RI asal Banten KH. Syadeli Karim sebagai anggota komite III yang membidangi kesra menyatakan kebangggaannya atas program pembangunan yang telah dilaksanakan pemprov Banten.

 

Go to top