Rano Karno Buka Jambore Daerah II Kwarda Pramuka

Rano Karno Buka Jambore Daerah II Kwarda Pramuka

detakbanten.comPANDEGLANG - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Banten H. Rano Karno membuka secara langsung Jambore Daerah (Jamda) Gerakan Pramuka Banten ke-2 Tahun 2014 di lapangan Bumi Perkemahan Cikujang, Desa Tanjung Jaya Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang, Rabu (22/10) Jambore pramuka Banten ini akan berlangsung hingga 25 Oktober 2014.

H. Rano Karno juga selaku Kamabida Kwarda Pramuka Banten membakar semangat peserta dari kabupaten dan Kota se-Banten untuk berdisplin dalam kehidupan sehari-hari.

HMSP3681"Kakak tidak ingin menyiksa adik-adik sekalian Karena kakak tau kalian sudah berada di sini sejak pagi, dan tentunya sudah berpanas-panasan, sehingga dalam hal ini hanya ingim mengetahui kedisplinan kalian," Ujar Rano.

Menurut Rano, kondisi sekarang bumi perkemahan Cikujang memang belum terlihat baik dan memadai namun semangat seorang pandu bukan karena sarana dan fasilitas namun jiwa sejati seorang pramuka yang dikeepankan.

" ini memang belum terlihat baik dan belum sepenuhnya memadai, tapi nanti ini akan kita jadikan salah satu yang terbaik," tegasnya.

HMSP3545Sementara itu ketua Kwartir Daerah ( kwarda) Pramuka Banten HM. Masduki menyambut positif kehadiran plt Gubernur Banten serta memberikan apresiasi rencana menjadikan bumi perkemahan Cikujang menjadi bumi perkemahan yang layak dan sarat fasilitas.

"Setelah datang dan berkeliling melihat area perkemahan Pak (Plt) Gubernur menyambut positif dan berjanji akan membantu melengkapi sarana dan prasarana di sini,"tuturnya.

Sedangkan terkait kelengkapan sarana di perkemahan saat ini, mantan Wagub Banten ini mengakui untuk saat ini masih jauh dari kelayakan misalnya persoalan untuk fasilitas mandi cuci kakus (MCK) itu idealnya 1 unit berbanding 20 atau 25 orang.

"Ya jauh dari sempurnalah, masih perlu upaya bersama untuk melengkapinya. salah satunya keberadaan MCK yang baru 6 pintu ini,"tegas Masduki.

Ketua Penyelenggara Jamda II yang juga Wakil Ketua I Kwarda Pramuka Banten Hudaya Latuconsina melaporkan bahwa Jambore Daerah II ini diikuti 728 orang dengan 460 peserta putra dan 388 orang putri dari kwarda kabupaten serta kota se-Banten.

HMSP3745lebih lanjut Hudaya menerangkan Jamda Pramuka Banten II ini merupakan kegaiatan rekreasi edukatif yang digelar di alam terbuka dalam bentuk perkemahan Pramuka Besar, Pamuka Tingkat Penggalang se- Kwarda Banten sebagai sarana pembinaan dan pengembangan diri.

"Pembinaa itu terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual, dan sosial baik sebagai individu sebagai anggota masyarakat", katanya.

Hudaya juga mengatakan tujuan Jambore II untuk meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, keterampilan, persatuan, dan kesatuan pramuka penggalang serta memiliki komitment terhadap penghayatan dan pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma.

Go to top