Pulau Surga di Ujung Jakarta

Pulau Surga di Ujung Jakarta

detaktangsel.com- HANGOUT, Pagi yang cerah dengan cuaca yang mendukung membuat semangat saya menggebu-gebu untuk segera melakukan perjalanan ke Pulau Harapan yang berada di wilayah Kepulauan Seribu. Dengan tas ransel warna merah melekat dipunggungku menemaniku dalam perjalanan.

Perjalanan saya dimulai dari menaiki bus Transjakarta dengan jurusan Lebak Bulus – Grogol. Di dalam bus Transjakarta pikiranku sudah membayangkan suasana pantai dan hembusan angin laut. Saya sangat tidak sabar untuk sampai ke pulau yang sering disebut orang Pulau Surga. Setalah sampai di Terminal Grogol, saya melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan umum yang menuju ke Pelabuhan Muara Angke.

Sesampainya di Pelabuhan, saya disambut Angga selaku guide perjalanan saya ke pulau harapan. Angga yang bekerja di biro perjalanan kepulauan seribu yang bernama "ANGGA TRUSTED TRIP" sangat bisa dipercaya dan diandalkan untuk menemani selama perjalanan ke pulau harapan. Kapal Motor Raja Mas yang mengangkut penumpang sudah siap untuk angkat jangkar, suara kapal yang menggerung membuat hasratku semakin besar untuk cepat sampai di Pulau Harapan.

Perjalanan jalur laut yang memakan waktu kurang lebih selama tiga jam tidak membuatku jenuh, tetapi sebaliknya saya sangat menikmati perjalanan laut tersebut. Pemandangan laut dan pulau – pulau yang terdapat di perairan kepulauan seribu, berbagai pulau saya lalui seperti pulau tidung, pulau pramuka dan pulau-pulau lainnya membuat mataku enggan berkedip untuk menyaksikan pemandangan alam Indonesia.

Didalam perjalanan Angga bercerita mengenai keindahan dan keistimewaan Pulau Harapan. "Pulau Harapan memang cocok untuk liburan, selain mempunyai laut jernih pulau harapan juga memiliki hutan mangroove yang sangat indah. Saya jamin anda tidak akan menyesal mengunjungi pulau harapan," ungkap Angga.

Akhirnya setelah menunggu sekian lama saya sampai di pulau surga tersebut. Benar yang dikatakan Angga, pulau harapan memang sangat indah dan begitu tenang untuk menghilangkan stress karena aktifitas yang sangat padat. Panasnya terik matahari di siang hari tidak menghilangkan rasa semangatku untuk mencoba berenang di pantai pulau harapan.

Setelah turun dari kapal Angga mengajakku ke home stay yang telah disediakan. Home stay yang diberikan pun sangat nyaman, dengan ruangan ac dan dilengkapi tempat tidur membuatku terasa seperti dirumah sendiri. Tidak lama di home stay Angga kemudian mengajakku bermain banana boat di laut yang sangat bening. Saya merasakan sensasi yang membuat adrenalin berdeguk kencang. Hal itu membuat saya ketagihan untuk main banana boat.

Setelah bermain banana boat yang menguras tenaga Angga mengajak saya untuk mengisi perut dengan hidangan laut khas pulau harapan. hidangan seperti udang bakar, cumi bakar dan kepiting lada hitam membuat rasa lapar yang timbul setelah mencium aroma dari masakan tersebut.

Keasikan di pantai sampai tidak terasa hari sudah menjelang malam, kemudian saya berlari menuju dermaga untuk melihat sunset. Wahhhh, matahari terbenam seakan laut memakan matahari tersebut. Pemandangan yang sangat jarang di wilayah Jakarta yang dipenuhi gedung-gedung perkantoran. Setelah melihat sunset di dermaga kemudian saya menuju home stay untuk beristirahat.

Aktifitas saya di hari itu sangat melelahkan tetapi semua terbayar lunas oleh keindahan alam di pulau harapan. Ayam berkokok yang menandakan sudah terbit fajar membangunkan tidurku yang sangat pulas, dengan ter buru-buru saya langsung menuju dermaga untuk melihat sunrise. Matahari muncul begitu padu dengan ombak laut yang menghantam karang dilautan. Sungguh pemandangan yang sangat sulit dilewatkan.

Setelah melihat sunset Angga menjemputku di dermaga, lalu dia mengajaku untuk snorkling di pulau sekitar harapan. setelah sampai di tengah perairan saya langsung lompat ke dalam laut tersebut. dengan menggunakan pelampung dan kacamata snorkling saya dapat melihat keindahan bawah laut pulau tersebut. Di dalam benaku hanya ada rasa kagum dan ras senang, karena tidak hanya di pulaunya saja yang memiliki pemandangan indah tetapi di bawah lautnya pun memiliki harta karun yaitu pemandangan bawah laut seperti terumbu karang, ikan-ikan kecil dan juga bintang laut yang tidak akan pernah saya lupakan seumur hidupku.

Setelah snorkling yang memakan waktu 5 jam saya langsun bergegas ke home stay dan bersiap untuk pulang, akan tetapi hati kecilku ingin sekali berlama-lama dipulau surga tersebut. Angga kemudian memberikanku oleh-oleh berupa gelang sebagai tanda bahwa saya pernah mengunjungi pulau tersebut. Hanya ada rasa takjub dan bersyukur di dalam benaku karena saya pernah mengunjungi pulau surga tersebut.

Read 2770 times
Go to top