Sebanyak 96 dari 456 RTLH Desa Citasuk Dapat Bantuan Stimulan

Sebanyak 96 dari 456 RTLH Desa Citasuk Dapat Bantuan Stimulan

detakserang.com- Kab Serang, Sebanyak 96 dari 456 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Citasuk, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, dapat bantuan stimulan rehab rumah dari Kementrian Perumahan Rakyat (Kempera) secara bervariasi.

Satria Plt Kepala Desa Citasuk, mengatakan, dari sebanyak 456 RTLH yang diajukan pihaknya, hanya 96 yang direalisasikan oleh Kemenpera untuk mendapat bantuan rehab. Sehingga masih sebanyak 360 RTLH tang membutuhkan bantuan pemerintah.

"Masih banyak yang butuh bantuan rehab rumah. memang di sini jumlah Kepala Keluarganya sangat banyak, mencapai
2.2990 KK, dengan total jumlah penduduk sekitar 9000," katanya.

Lebih lanjut Satria menjelaskan, bantuan stimulan untuk rehab rumah tersebut berupa bahan material yang dikoordinir salah satu pengusaha Material di wilayahnya. Sedangkan masing - masing RTLH, mendapat jenis bantuan bervariasi.

"Bantuannya memang berupa material, bukan bentuk uang. semuanya disesuaikan dengan kebutuhan masing - masing, jadi tidak sama. tetapi maksimal sebesar Rp7,5 juta. Terkecuali khusus untuk janda miskin, bisa sampai Rp15 juta," jelasnya.

Guna mensiasati biaya pemasangan yang tidak diberikan pemerintah dalam bantuan tersebut, pihaknya mengkelompokan masing - masing penerima bantuan untuk bekerja secara bergotong royong dalam pembangunan rumah stimulan itu.

"untuk pembangunan semua anggota kelompok bekerja sama, dengan dibantu penerima lainnya," ungkap Satria.
Namun, bagi janda yang memang tidak mungkin memasang atau turut bekerja, akan dibantu oleh penerima lainnya hingga terlaksana seluruh bangunan.

"Untuk janda jompo kan tidak mungkin bekerja, jadi, para penerima lainnya yang membantu memasang," kata Satria.

Satria berharap, tahun depan RTLH di wilayahnya kembali mendapat bantuan, sehingga seluruh warga dapat memiliki hunian yang layak. "Semoga tahun depan jumlah bantuan di Desa kami bisa lebih banyak lagi yang disertai biaya pemasangan, sehingga dapat menuntaskan program layak huni bagi warga," ungkapnya.

Go to top