Cegah PKL, Petugas Satpol PP Siap Jaga Pasar

penertiban lapak 3CIPUTAT - Puluhan petugas Satpol PP bakal berjaga di pasar Ciputat selama 24 jam. Hal ini untuk mengantisipasi datangnya lagi PKL yang sudah ditertibkan.

Pada Jumat, pagi petugas gabungan dari Pemkot Tangsel menertibkan ratusan PKL yang ada di pasar Ciputat dan kolong fly over.  Keberadaan PKL ini dinilai penyebab kemacetan dan kesmerawutan serta mengganggu estetika kota.
Dalam penertiban ini tidak ada perlawanan dari pedagang. Mereka hanya pasrah saat lapak dan dagangannya dibongar petugas gabungan.
Untuk mengantisipasi PKL kembali berjualan, pihak Satpol PP akan melakukan pemantauan dalam selama 24 jam penuh. Tim pemantau akan dibagi menjadi dua shift. Jika dalam pemantauan ditemukan pedagang yang membandel, maka akan segera ditertibkan.
"Kita akan taruh puluhan Satpol PP dibawah fly over maupaun di trotoar jala depan pasar Ciputat. Agar PKL tidak lagi berjualan ditempat terlarang," kata Kepala Satpol PP Kota Tangsel Azhar Syamun, Jumat (25/10).
Kata dia, keberadaan PKL ini sudah banyak dikeluhkan warga, soalnya, keberadaan PKL ini memicu kemacetan dan kesemrawutan. Selain itu, estetika kota juga sangat terganggu dengan keberadaan PKL ini
"Kalau PKL tidak ditertibkan kemacetan akan bertambah parah di  bawah sepanjang jalan fly over Ciputat," katanya.
Menurutnya, langkah yang diambil petugas gabungan ini bukan tindakan refresif. Pasalnya, pembongkaran tidak bersifat paksaan dan masih melihat sisi kemanusiaan.
"Kita bina pedagang ini. Mereka juga kan mencarti nafkah, Tapi jangan berdagang di area yang tidak diperbolehkan. Kita arahkan untuk berdagang di tepat yang disediakan," ucapnya.
Setelah ditertibkan, sambung Azhar, DKPP Kota Tangsel berencana membangun pagar di sekeliling bawah fly over untuk dijadikan taman.

"Segera direalisasikan agar pedagang tidak kembali lagi berdagang di lokasi tersebut," terangnya.(def)

Go to top