Kirap Peserta Pemilu Berlangsung Meriah

Kirap Peserta Pemilu Berlangsung Meriah Kirap Peserta Pemilu Berlangsung Meriah

detaktangerang.com- TANGERANG, Wakil Walikota Tangerang H Sachrudin membuka kirab atau karnaval menuju pemilu jujur dan adil yang start dari Kantor KPU setempat, Sabtu (15/3). Kirab yang diikuti 12 partai politik peserta pemilu tersebut berlangsung meriah.

Tampil pula drumband, iring-iringan mobil hias, serta beberapa sepeda motor masing-masing pendukung calon anggota legislatif (caleg) dan partai. Ikut juga 300 personil Polres setempat.


"Kami sengaja menurunkan mereka untuk mengamankan acara ini sekaligus menjaga kekondusifan acara pemilu jujur dan adil," tegas Kapolres singkat.


Ia mengharapkan masyarakat dapat melihat langsung para parpol yang akan dipilih. Selain itu, masyarakat agar antusias berbondong-bondong datang ke TPS pada saat diselenggarkaan pemilu, 9 April mendatang.


Adanya kirab, ia menandaskan, masyarakat agar lebih jeli melihat caleg dari partai mana yang akan dipilih.


Disinggung lapangan yang bisa digunakan untuk kampanye terbuka, ia menyebutkan, 10 lapangan dan sudah mendapatkan izin dari pemerintah daerah untuk hajatan kampanye.

Sedangkan untuk jenis kampanye apa yang akan dipakai parpol, pihaknya serahkan ke parpol masing masing.


Yang terpenting, ia menambahkan, acara kampanye terbuka dimulai dari pukul 09.00 wib sampai dengan pukul 11.00. Para caleg bebas melakukan kampanye tertutup dan dialogis.


"Mereka harus mematuhi ketetapan yang sudah adam" ungkap Sanusi Pane.


Sementara ketika ditanya soal keamanan di TPS, Sanusi Pane menuturkan, pihaknya menyerahkan dan percayakan ke pihak Polres. Pihaknya komitmen dengan Polres, di mana Polres menyatakan dengan tegas akan menjamin keamanan.


"Saya rasa itu sudah efektif," tambahnya.


Polres Kota Tangerang menempatkan 3 personil di setiap 5 TPS. Dikatakan, pihaknya bersama sama dengan pihak Polri akan membangun sinergi untuk sama sama menjaga keamanan pemilu. Para caleg diharapkan dapat merealisasikan deklarasi pemilu damai. (Ades)

Go to top