Rencana Vaksinasi Covid 19, Pemkab Serang Akan Tunjuk Jubir Vaksin

Rencana Vaksinasi Covid 19, Pemkab Serang Akan Tunjuk Jubir Vaksin

Detakbanten.com, SERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dalam waktu dekat akan menunjuk juru bicara terkait rencana vaksinasi covid-19. Penunjukan untuk memudahkan dalam penyampaian terkait sosialisasi kepada masyarakat dan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya Prasadya mengatakan, penunjukan juru bicara vaksinasi daerah berdasarkan hasil rapat koordinasi melalui video conference bersama Pemerintah Pusat kemarin.

“Pemda Kabupaten Serang diminta untuk menunjuk juru bicara terkait vaksin yang akan di berikan ke masyarakat, sehingga akan menjadi narahubung dengan KPCPEN (Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional) dan stakcholder di masyarakat,”ujar Anas, Selasa, (1/12/2020).

Anas menuturkan, bahwa berkaitan dengan vaksinasi peranan Diskominfosatik dan Dinas Kesehatan (Dinkes) serta dinas lain yang terkait melakukan desiminasi tentang vaksin baik melalui medsos (media sosial), media meanstream, media center dan jaring komunikasi sosial.

“Melalui kementrian dengan narasi tunggal, sehingga berita di daerah sama dengan yang disampaikan oleh pemerintah pusat,”terang Anas.

Anas menyebutkan vaksin sendiri akan di sampaikan ke masyarakat setelah sesuai dengan standar organisasi kesehatan dunia atau WHO, dan melalui uji klinis. “Dan tentunya melibatkan MUI (Majelis Ulama Indonesia) dalam prosesnya, demikian sebagaimana yang disampaikan Mentri Kesehatan,”papar Anas.

Sementara Mendagri Tito Karnavian mengatakan, dengan ditunjuknya juru bicara vaksinasi di setiap sangat penting karean yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Sebab, kata dia vaksinasi program sangat penting karena semua negara pun melaksanakan. “Poin penting penyampaian kepada masyarakat vaksin ini dilakukan secara bertahap. Pemda harus sampaikan program mulia kepada masyarakat dan menyamakan persepsi terkait vaksinasi,”ujar Tito.

Diketahui Rapat koordinasi kepala daerah strategis komunikasi publik vaksin yakni publik vaksin mandiri dan komunikasi publik melalui video conference diikuti oleh Sekretariat Negara, Mentri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Mentri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto, Mentri BUMN Erick Tohir, Mentri Kominfo Johnny G. Plate, dan sejumlah kepala daerah tingkat provinsi serta kabupaten/kota.(Aden)

 

 

Go to top