Survei LKPPDI: Azizah-Ruhamaben Ungguli Dua Kontestan Pilkada Lain

3 Paslon Pilkada Tangsel 2020. (foto/dok.dt-db). 3 Paslon Pilkada Tangsel 2020. (foto/dok.dt-db).

detakbanten.com PONDOK AREN-Lembaga Kajian Politik Parameter Demokrasi Indonesia (LKPPDI) merilis hasil survey terbarunya. Dalam survei tersebut diketahui pasangan nomor urut 2 Azizah-Ruhama menyalip pasang calon Pilkada Tangsel lainnya, Muhamad-Rahayu Saraswati dan Benyamin-Pilar.

Dari survei LKPPDI itu juga disebutkan, pasangan calon walikota nomor urut 2 bahwa Azizah-Ruhama mendapatkan pilihan 27,8% dari responden, disusul pasangan Benyamin-Pilar mendapatkan 26,4% kemudian disusul pasangan Muhamad-Saraswati yang mencapai 25,8%.

"20 persen responden masih merahasiakan pilihannya. Dan hasil temuan di lapangan pasangan Azizah-Ruhama berhasil menjadi kuda hitam dan naik ke peringkat pertama," ungkap Mahardika, peneliti dari LKPPDI dalam rilisnya yang diterima detakbanten.com, Minggu (29/11/2020).

Survei yang dilakukan LKPPDI pada 17-24 November itu, mengambil 800 responden melalui multistage random sampling. Adapun tingkat kepercayaan survei sebesar 95% dan margin of error 3,4%.

Dari hasil survei dilapangan diketahui peningkatan suara pasangan Azizah-Ruhama terjadi lantaran tingginya aktivitas kampanye berupa sosialisasi program, pembagian souvenir dan kunjungan pasangan yang diusung Demokrat, PKS dan PKB ke tengah-tengah masyarakat. Selain itu, peningkatan suara pemilih terjadi dikarenakan ada isu negatif yang berkembang di dua pasangan calon lainnya sehingga membuat pemilih menjatuhkan pilihan lain kepada pasangan Azizah-Ruhama.

"Dengan GAP antar pasangan yang kurang dari 5% dan pemilih yang belum menentukan pilihan sebanyak 20%, segala kemungkinan masih bisa terjadi. Dan semua paslon masih berpeluang untuk menang," terang Mahardika.

Dari hasil survei pun, dia bilang, diketahui trend peningkatan elektabilitas terutama terjadi di pasangan Azizah-Ruhama dan Muhamad-Saraswati. Sedangkan pasangan Benyamin-Pilar justru mengalami penurunan tingkat elektabilitas dibandingkan sebelumnya.

Berikut trend elektablitas paslon Pilkada Tangsel 2020.

1. Muhamad-Saraswati : September 20,9%, Oktober 23,5 %, Nopember 25,8 %.
2. Azizah-Ruhama: September 15,5%, Oktober 22,9%, Nopember 27,8%.
3. Benyamin-Pilar : September 26,7%, Oktober 28%, Nopember 26,4%.

 

 

Go to top