Muhamad-Saraswati Unggul di Survey Indek Pilkada Nasional

Muhamad-Saraswati Unggul di Survey Indek Pilkada Nasional

detakbanten.com, TANGSEL - Lembaga Kajian Politik Indeks Pilkada Nasional merilis hasil survey terbaru Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Jum'at (27/11/2020).

Dalam survey itu, hasilnya pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo unggul, keunggulan paslon nomor urut 1 itu pun disusul dengan pasangan Azizah-Ruhama dan Benyamin-Pilar Saga Ichsan.

Lembaga Indeks Pilkada Nasional Melakukan survey pada 15-22 November 2020. Survey itu melibatkan 800 responden yang dipilih secara multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan survey 95% dan margin of error sebesar 3,4%.

Hasilnya sebagai berikut, paslon Muhamad-Saraswati memperoleh 30,1 %, Azizah Ruhama memperoleh 27,5 %, dan Paslon Benyamin-Pilar Saga Ichsan memperoleh 26,7 %. Dalam survey itu orang yidak tahu/tidak jawab sebesar 19,3 %.

"Muhamad Saraswati unggul 2,6% dari pasangan Azizah Ruhama dan unggul 3,6% dari Benyamin Pilar," terang peneliti Indeks Pilkada Nasional, Bagus Dwiatmojo.

Selain elektabilitas, menurut Bagus, tingkat popularitas calon petahana Benyamin Davnie diketahui masih memiliki tingkat popularitas tertinggi dengan 89,2%, disusul Muhamad 79,1% dan Siti Nur Azizah 78,8%.

Rilis survey pun membahas tingkat akseptabilitas atau penerimaan masyarakat terhadap Calon Walikota dan Walikota Tangsel. Hasilnya diketahui Muhamad memiliki tingkat akseptabilitas 51,4 % disusul Siti Nur Azizah 48,8% dan Benyamin Davnie 45,7%.

"Untuk loyalitas pemilih temuan survey kami menyebutkan pasangan Azizah Ruhama memiliki Strong Voter 61,5% unggul jauh dari pasangan Muhamad Saraswati yang hanya 48,4% dan Benyamin Pilar 51,6%. Ini berarti pasangan Azizah Ruhama memiliki basis pendukung paling loyal dan tidak akan berubah dibanding pasangan lainnya," jelas Bagus.

Dengan begitu, Bagus menambahkan, kata dia, dari hasil temuan survey menggambarkan besarnya antusias warga yang mengingkan terjadi perubahan kepemimpinan di Kota Tangerang Selatan.

Hal ini pun, lanjut dia, terlihat dari tingkat elektabilitas calon petahana yakni Benyamin Davnie yang justru kalah oleh dua calon lainnya.

"Dua pekan jelang pemilihan, secara umum tingkat popularitas ketiga calon sudah berimbang. GAP antar kandidat terlihat semakin menipis. Ini menandakan persaingan semakin ketat dan berimbang jelang hari pemilihan," urainya.

 

 

Go to top