Ngobras, Pemuda Diskusi Soal Peningkatan Ekonomi Ditengah Pandemi

Ngobras, Pemuda Diskusi Soal Peningkatan Ekonomi Ditengah Pandemi

detakbanten.com MAUK - Dalam rangka peringatan hari sumpah pemuda yang jatuh pada hari Rabu, 28 Oktober 2020. Karang Taruna Kecamatan Mauk menggelar "ngobras" ngopi cerdas bersama Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten M.Nawa Said Dimyati, di aula Kantor Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten. Rabu, (28/10).

Acara yang bertajuk "Peran serta pemuda dalam upaya peningkatan ekonomi di masa Covid 19" melibatkan Organisasi Kepemudaan yang ada di kecamatan Mauk khususnya dan umumnya Organisasi Pemuda di Tangerang Utara.

Pada kesempatan acara tersebut turut hadir, Camat Mauk Arief Rachman Hakim, Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten M.Nawa Said Dimyati dan perwakilan sejumlah pemuda yang tergabung dalam organisasi kepemudaan Karang Taruna, KNPI, GP. Ansor, Pemuda Pancasila, BPPKB dan OKP lainnya.

Arif Rachman Hakim Camat Mauk mengatakan, pemerintah Kecamatan Mauk khususnya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ngobras (ngopi cerdas) yang di inisiatori oleh Karang Taruna Kecamatan Mauk atau para pemuda di hari peringatan sumpah pemuda.

Dengan kegiatan diskusi ini diharapkan peran serta pemuda seutuhnya bisa bangkit dan semangat dalam menggali potensi yang ada guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan acara tersebut Arif menyampaikan, pemerintah kecamatan Mauk perlu adanya dukungan dari pemuda baik kritisan maupun dukungan dari segala kegiatan pemerintah Kabupaten Tangerang maupun pemerintah kecamatan Mauk.

"Sebaik - baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain, maupun keluarga dan tetangganya, oleh karena itu jadilah pemuda yang bisa membawa perubahan untuk wilayahnya, orang lain minimal keluarganya," Kata Arif pada saat sambutannya.

Seiring program kedepan, lanjut Arif mengatakan, pemerintah kecamatan Mauk akan membangun gedung pemuda, oleh karena itu sinkronisasi para pemuda bersama pemerintah perlu terjalin.

"Kedepan di wilayah kecamatan Mauk akan kita adakan gedung pemuda, oleh karena itu berbagai kegiatan pemuda perlu ada sinkronisasi kegiatan. Selain itu juga saya ingin ada semacam kumpulan pemuda tani, di mana pemuda bisa bergerak di bidang pertanian, seperti pertanian holtikultura," jelas nya

Pemuda tidak mesti malu untuk bertani, sesuai dengan kewilayahan kita pertanian perlu di tingkat agar kecamatan Mauk ini menjadi tempat produsen mampu memproduksi sesuatu yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat

"Sejatinya pembangunan bukan hanya fisik melainkan pembangunan pertanian untuk masyarakat luas yang menjadikan Mauk ini tempat produsen yang mampu menyediakan kebutuhan masyarakat luas," ungkapnya.

Sementara itu Ahmad satibi ketua Karang Taruna Kecamatan Mauk menjelaskan, di momentum peringatan hari sumpah pemuda ini, pemuda harus bangkit mampu membawa perubahan dirinya yang bisa di aplikasikan dalam wujud nyata.

Ditengah pandemi saat sekarang ini dampak ekonomi terasakan bagi masyarakat luas, oleh karena itu pemuda harus mampu berinovasi,berkreasi yang bisa mendongkrak ekonomi di wilayahnya.

" Seperti apa yang saya bilang tadi, sebaik -baik manusia adalah manusia yang bisa bermanfaat bagi orang lain," tandasnya.

Saat ini ,lanjut satibi yang akrab di sapa abil, karang taruna memiliki usaha binaan seperti usaha kecil menengah (UKM) di bidang kuliner yaitu rumah seafood Raden naga seafood dan pengelolan sampah di lingkungan.

"Kami ingin menjadikan motivasi kepada pemuda agar dan untuk membangkitkan potensi lokal yang ada di pesisir Utara di Mauk ini, baik UMKMnya maupun bidang ke aripan lokal lainnya yang ada di wilayah kecamatan mauk, di harapkan pemuda bisa menggali potensi lokal dan meningkatkan perekonomian," jelasnya

 

 

Go to top