Print this page

Soal Pelecehan Seksual, Saraswati Belum Laporkan Pemilik Akun FB "Bang Djoel" ke Polisi

Soal Pelecehan Seksual, Saraswati Belum Laporkan Pemilik Akun FB "Bang Djoel" ke Polisi

detakbanten.com, TANGSEL - Calon Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Rahayu Saraswati Djojohadikusumo belum melaporkan pemilik akun FB "Bang Djoel" ke ranah hukum. Pasalnya, saat ini Saraswati baru mempersiapkan berkas-berkasnya, Selasa (27/10/2020).

Namun belum diketahui pasti, kapan keponakan Prabowo Suabianto itu akan melaporkan pemilik akun FB "Bang Djoel" terkait postingan yang menurutnya masuk kategori pelecehan seksual.

"Kami sedang mematangkan berkas-berkas, dan secepatnya kami akan melaporkan ke kepolisian untuk menindaklanjuti. Soal identitas sudah menjadi persiapan kami,"terang Rahayu Saraswati Djojohadikusumo saat gelar konferensi pers di Resto Kampoeng Anggrek, Serpong.

Menurut Saraswati, postingan yang diunggah pemilik akun Bang Djoel tersebut sangat menyakitkan lantaran memberikan kata-kata yang tidak pantas dalam foto kehamilan anak pertamanya.

"Itu kan foto diambil di Instagram saya, apalagi pengunggah saat ambil foto tidak izin. Ini sangat menyakitkan karena dalam foto tersebut dilampiri kalimat yang tidak pantas,"ungkapnya.

Informasinya, foto kehamilan Saraswati itu merupakan foto lima tahun lalu saat Calon Wakil Walikota Tangsel, itu mengandung anak pertamanya. Foto tersebut diambil oleh suaminya Saraswati saat di Pulau Bali.

Sementara, kuasa hukum Saraswati, Maulana Bungaran menyebut dalam postingan yang diunggah pemilik akun FB Bang Djoel dapat disangkakan pasal 22 ayat 1 UU ITE tentang dokumen elektronik yang memiliki muatan melanggar kesusilaan.

Selain itu, menurut Maulana, pengunggah juga dapat disangkakan KUHP pasal 281, lantaran postingan itu juga dapat didiskualifikasi sebagai perbuatan pidana.

"Ini kan masuk delik aduan, dan mbak Saras sendiri nanti yang akan melaporkannya. Somasi terbuka ini untuk seluruh pelaku untuk tidak lagi melakukan tindakan atau melecehkan martabat wanita, kami melakukan somasi terbuka agar pelaku yang melakukan iseng agar sadar bahwa tindakan itu merugikan orang lain," kata Maulana Bungaran.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus dugaan pelecehan seksual tersebut mulai ramai diperbincangkan ketika pemilik akun FB Bang Djoel memposting foto Saraswati saat hamil anak pertamanya dan diunggah di grup FB Tangsel Rumah Dan Kota Kita.