Hasil Swadaya, Warga TBL Bangun Jalan Lingkungan

Hasil Swadaya, Warga TBL Bangun Jalan Lingkungan

Detakbanten.com, Kota Serang - Melihat kondisi jalan yang sudah lama sangat memprihatinkan, sejumlah warga perumahan Taman Banten Lestari, RT03, RW 21, Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang membangun jalan di lingkungannya secara swadaya.

Salah seorang warga, Suhendri alias Zahid mengatakan, pembangunan jalan ini sudah lama direncanakan oleh warga. Namun karena keterbatasan anggaran, sehingga pembangunan baru bisa dilaksanakan setelah uang hasil iuran warga secara sukarela sudah terkumpul.

"‎Diperencanaan dari awal tahun sebelum ada pandemi Covid-19, saat itu kita sepakat iuran per rumah secara sukarela untuk bangun jalan. Kurang lebih ada sekitar 8 bulan uang baru bisa terkumpul, dan hari ini baru bisa kita laksanakan pembangunanya," kata Zahid ditemui di kediamanya, Selasa (20/10/2020).

Zahid menuturkan, keinginan warga untuk membangunan jalan secara swadaya ini berawal dari kondisi jalan yang sudah rusak berat dan memprihatinkan.

Menurutnya, warga sangat mengeluh lantaran setiap hujan menyebabkan genangan air dan sebaliknya ketika kemarau sangat berdebu.

"Alhamdulillah kalau warga di lingkungan saya ini semuanya kompak, mereka rutin gotong royong, ini juga kita menyusun batu, terus mengangkut bahan material jalan pake tenaga masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua RT 03, RW 21, Aip Saiful Mihdar mengaku, sangat mengapresiasi atas semangat warganya yang kompak membenahi lingkungannya, seperti membangun‎ jalan secara swadaya. Menurutnya, budaya gotong royong ini diharapkan agar terus dijaga.

"Saya secara pribadi mengucapkan terimakasih kepada warga yang secara sukarela merawat lingkungannya dengan baik. Ketika melihat kondisi jalan yang rusak mereka tanpa ada paksaan mau memperbaikinya sendiri," tutup Aip dengan singkat.(Aden)

Go to top