Gunung Arjuno - Welirang Kembali Dibuka Untuk Para Pendaki

Gunung Arjuno - Welirang Kembali Dibuka Untuk Para Pendaki

detakbanten.com LIFESTYLE. - Gunung Arjuno-Welirang di Jawa Timur kembali dibuka untuk para pendaki mulai 12 Oktober 2020. 

Hal ini disampaikan oleh Unit Pengelola Teknis (UPT) Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, pihaknya hanya membuka dua jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang di Jatim. Dua jalur tersebut adalah jalur Tambaksari, Kecamatan Purwodadi dan jalur Tretes, Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan.

Ahmad Wahyudi dari UPT Tahura Raden Soerjo, mengatakan dua jalur itu dibuka mulai hari ini, 12 Oktober 2020, usai dilakukan evaluasi pendakian Gunung Arjuno-Welirang. "Pembukaan jalur ini merupakan hasil dari evaluasi dari tim Pemkab Pasuruan," katanya.

Wahyudi menjelaskan, peraturan pendakian dari jalur Tambaksari dan Tretes sesuai dengan apa yang sudah ditentukan sebelumnya. Penerapan protokol kesehatan bagi para pendaki harus dilaksanakan secara penuh.

Beberapa ketentuan yang diatur di antaranya adalah pendaki harus melakukan pendaftaran online melalui laman resmi https://sipenerang.tahuraradensoerjo.or.id. Pendaftaran tersebut dalam upaya mengurangi interaksi antara pendaki dan petugas.

Kemudian jumlah maksimum para pendaki dalam kawasan ditetapkan sebanyak 500 orang, dari total kapasitas hingga 2.500 orang, atau belum ada penambahan kuota sejak dibuka pada awal September 2020.

Rombongan pendaki yang jumlahnya lebih dari 10 orang, wajib menyertakan hasil rapid test Covid-19. 

Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir risiko penyebaran Covid-19.

Selain itu, para pendaki wajib menggunakan masker dan membawa cairan pembersih tangan. (Hfz)

Read 159 times
Go to top