Dua Pjs Dilantik Wagub, Ini Pesan Andika Hazrumy

Dua Pjs Dilantik Wagub, Ini Pesan Andika Hazrumy

Detakbanten.com, SERANG - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy melantik dua orang pejabat eselon II Pemprov Banten menjadi Pejabat sementara (Pjs) yang kepala daerahnya mengajukan cuti kampanye pilkada tahun 2020. Di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Sabtu (26/9/2020).

Mereka yang ditugaskan adalah Kepala Biro Pemerintahan, Gunawan Rusminto yang dilantik menjadi Pjs Bupati Pandeglang, dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Ade Aryanto yang dilantik menjadi Pjs Bupati Serang.

"Sesuai Permendagri Nomor 1 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Permendagri Nomor 74 Tahun 2016 disebutkan bahwa tugas utama Pjs kepala daerah adalah memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada dan serta menjaga netralitas ASN," ungkap Wagub dalam sambutannya.

Atas dilantiknya menjadi Pjs, Wagub meminta Gunawan dan Ade segera untuk melakukan konsolidasi dengan KPU, Bawaslu,
TNI, Polri dan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemda masing-masing. Agar kondusifitas, ketentraman dan ketertiban masyarakat serta netralitas PNS terjaga selama tahapan Pilkada.

Kemudian, Wagub juga meminta perangkat daerah Kabupaten
Serang dan Kabupaten Pandeglang
bersama stakeholder untuk mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat dalam upaya memutus mata rantai penyebaran
COVID-19.

Saat ini, Pemerintah Provinsi Banten telah menerbitkan
Peraturan Gubernur Nomor 38 tahun 2020 tentang penerapan sanksi dan penegakan hukum
Protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid 2019 sebagai tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020.

"Sesuai Perpres protokol kesehatan diterapkan, agar pilkada kali ini yang diselenggarakan di tengah pandemi tetap dapat terselenggara dengan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi," terangnya.

Sementara itu, usai pelantikan, Ade Aryanto kepada pers mengaku, akan melaksanakan amanat sebagai Pjs Bupati Serang tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Pada prinsipnya sebagai aparat pemerintah, saya siap dengan penugasan ini," tegasnya.

 

 

Go to top