Print this page

KPU Resmi Umumkan Nomor Urut Paslon Walikota Cilegon

KPU Resmi Umumkan Nomor Urut Paslon Walikota Cilegon

detakbanten.com Cilegon – Empat Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon telah resmi mendapatkan nomor urut peserta guna melenggang dalam kontestasi politik di Kota Cilegon. Diketahui, pengundian dan penetapan nomor urut tersebut dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon di The Royal Krakatau Kota Cilegon, Kamis (24/9/2020).

Berdasarkan pantauan dilokasi, dalam rapat pleno terbuka KPU Kota Cilegon, pasangan Ali Mujahidin (Mumu) - Firman Mutakin (Lian Firman) mendapatkan nomor urut 1, pasangan Ratu Ati Marliati - Sokhidin mendapatkan nomor urut 2, sedangkan pasangan Iye Iman Rohiman - Awab mendapatkan nomor urut 3, dan pasangan Helldy Agustian - Sanuji Pentamarta mendapatkan nomor urut 4.

"Jadi, alhamdulillah pada hari ini tanggal 24 September 2020 KPU Kota Cilegon telah melakukan proses pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon, tadi sudah sama-sama kita saksikan secara langsung," kata Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi kepada awak media, Kamis (24/9/2020).

Kendati demikian, pihaknya meminta maaf kepada seluruh masyarakat Kota Cilegon. Pasalnya, kata dia, jika dalam kondisi normal pelaksanaan pengundian nomor urut selalu dilaksanakan secara ramai-ramai bersama masyarakat Kota Cilegon.

"Kami juga memohon maaf sekiranya kepada seluruh masyarakat Cilegon sedianya memang dalam kondisi normal kegiatan ini selalu dilaksanakan secara ramai dan hingar bingar, tapi karena di masa pandemi Covid-19 jadi terbatas sesuai regulasi yang diatur," tuturnya.

Ia juga menuturkan, tahapan selanjutnya tentu akan segera melakukan sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) nomor 13 tahun 2020. Menurutnya, hal tersebut urgensi untuk disampaikan kepada masyarakat Cilegon dan pasangan calon terkait mekanisme pelaksanaan kampanye yang akan dimulai dari tanggal 26 September sampai 5 Desember 2020 di masa Pandemi Covid-19.

"Ini urgent untuk disampaikan kepada masyarakat dan pasangan calon terkait mekanisme pelaksanaan kampanye, karena sedikit berbeda dimasa Pandemi Covid-19," pungkasnya.

Untuk diketahui, Mumu - Lian merupakan pasangan calon jalur perseorangan dengan memiliki jumlah dukungan 39.262 suara. Sementara, Ati - Sokhidin merupakan pasangan calon petahana dengan memiliki dukungan 20 kursi dan diusung oleh 4 partai diantaranya, Golkar (10 kursi), Gerindra (6 kursi), NasDem (3 kursi) dan PKB (1 kursi). Sedangkan, Iye - Awab merupakan pasangan calon kubu perubahan yang memiliki dukungan 8 kursi dan didukung oleh 3 partai diantaranya, PAN (4 kursi), PPP (2 kursi) dan Demokrat (2 kursi). Terakhir, Helldy - Sanuji merupakan pasangan calon yang memiliki dukungan 8 kursi dan diusung oleh 2 partai diantaranya, Berkarya (4 kursi) dan PKS (4 kursi). 

Pasangan Ati-Sokhidin (PAS) yang diusung empat partai politik (Parpol) Golkar, Gerindra, Nasdem, dan PKB, mengucapkan rasa syukur atas takdir nomor urut 2 yang diberikan.

Menurut Ratu Ati, semua nomor itu sama, nomor urut 2 itu diharap menjadi nomor yang terbaik sesuai dengan doa yang dipanjatkannya.

“Nomor dua ini mudah-mudahan nomor sukses kemenangan yang Insya Allah di dapat nanti pada 9 Desember, dan ini adalah nomor sukses yang berulang melanjutkan ‘Sukses Cilegon Yang Tak Boleh Henti’,” kata Ratu Ati usai pengundian dan penetapan nomor, Kamis (24/9/2020).

Ratu Ati juga mengungkapkan, usai mendapatkan nomor urut 2, dirinya bersama Sokhidin beserta seluruh tim pemenangan akan mensosialisasikan nomor itu kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan nomor ini menjadi keberkahan, kita akan sosialisasikan kepada masyarakat, supaya masyarakat lebih mengenal kepada pasangan yang akan dipilihnya,” ujarnya.

Ratu Ati juga berharap, seluruh tahapan Pilkada Cilegon 2020 dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan aturan dan ketetapan yang berlaku.

“Yang penting adalah tadi bagaimana fakta integritas yang sudah kita tanda tangani semua, bahwa kita dengan adanya pilkada ini semua selalu dalam keadaan aman, damai dan Insya Allah tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan,” pungkasnya.

Calon Walikota Cilegon nomor urut 1, Ali Mujahidin mengkau bersyukur atas nomor urut yang telah didapat bersama paaangannya, Lian. Seluruh nomor menurutnya adalah baik. Tetapi baginya nomor urut 1 adalah nomor yang terbaik untuk pemenangan Pilkada Cilegon.

“Yach semua nomor baik, cuman kita nomor terbaik,” ungkapnya.

Ia menyatakan, nomor 1 yang di dapat sudah sesuai harapan dan sudah ada yang mengaturnya. Meski berbeda dengan paslon lain, menurutnya semua nomor memiliki arti yang sama. Ia berharap dengan nomor 1, suara pemenangan di Pilkada Cilegon juga menjadi yang terbanyak nanti.

“Suara nomor satu lah,” bebernya.

Setelah mendapat nomor urut, pria disapa Mumu ini akan launcing nomor urut serta melakukan doa bersama dengan para pendukungnya. Ia bersama Lian akan berdoa untuk Kota Cilegon terbebas dari zona merah dan Covid-19.

“Sekalian launching nomor urut 1. Nanti malam jumat di masing-masing lokasi, harus dibawah dari 100. Karena itu sesuai dengan protokol kesehatan. Yasinan, tahlilan, kita doakan Cilegon bebas dari zona merah,” harapnya. 

Paslon Iye Iman Rohiman – Awab merasa optimis ketika mendapat nomor tiga. Menurutnya, itu merupakan nomor urut terbaik.

“Nomor tiga itu nomor terbaik untuk kami, nuansa disini (tahap pengundian) begitu adil, dan demokratis. Lalu Rasullullah paling suka ganjil,” kata Calon Walikota Cilegon Iye Iman Rohiman, Kamis (24/9/2020).

Ia pun kembali mengulas memoar bersama nomor tiga, di konstalasi politik. Dimana, Iye mengaku dulu saat pencalonan menjadi Kepala Desa, ia menggunakan nomor urut tiga.

“Tentunya setelah penetapan insyallah kami akan berjuang,” jelasnya.

Iye menjelaskan, proses Pilkada Kota Cilegon masih cukup panjang, ia ingin meyakinkan masyarakat apa yang ia tawarkan adalah untuk masyarakat Cilegon yang lebih baik kedepannya.

“Saya ingin meyakinkan masyarakat apa yang ditawarkan Haji Iye ini lebih baik,” jelasnya.

Sementara itu, Calon Wakil Walikota Cilegon nomor urut tiga yakni Awab mengatakan, ia bersyukur mendapat nomor urut tiga, pada konstalasi Pilkada Cilegon.

“Intinya gini satu dibuka, dua dilihat, tiga dicolok, dan empat ditutup. Tidak ada komentar lain dulu intinya Alhamdulillah sudah diikuti tahapan ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta mengatakan merupakan walikota keempat yang akan dilantik.

"4 identiknya dengan four. Jadi mudah-mudahan Helldy-Sanuji four Cilegon 2020, kan banyak juga kalau rodanya satu ngga bisa jalan, rodanya dua sepeda, rodanya tiga becak, rodanya empat mobil. Menurut numeralogi angka tahun universal 2020 adalah 4. Mewakili keteraturan tanggung jawab stabilitas keluarga, rumah, manivestasi kemudian perdamaian. Helldy-Sanuji adalah walikota ke empat," tandasnya. (man)