Piala Asia U-19 Dan U-16 Resmi Ditunda

Piala Asia U-19 Dan U-16 Resmi Ditunda

detakbanten.com BOLA - Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) resmi menunda Piala AFC U-19 dan U-16 yang akan bergulir pada Oktober dan November 2020 menjadi awal tahun 2021. Penundaan diumumkan AFC setelah menggelar rapat virtual Komite Eksekutif pada Kamis (10/9/2020).

Keputusan ini menjadi kabar buruk buat Timnas Indonesia U-16 dan Timnas U-19 Indonesia. Dua Timnas Indonesia kelompok usia itu sudah jauh-jauh hari mempersiapkan diri menyambut dua ajang tersebut. Bahkan Timnas U-19 sudah berada di Kroasia untuk menjalani persiapan sejak akhir Agustus.

Menanggapi hal ini Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa PSSI menghargai dan menghormati keputusan yang telah dibuat oleh AFC. Apalagi saat ini pandemi Covid-19 masih belum berakhir di hampir seluruh negara.

“PSSI mendukung keputusan AFC terkait penundaan Piala AFC U-19 dan U-16 tahun ini. Dengan ini tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan. Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia,” kata Iriawan.

Bukan hanya Piala Asia dalam kelompok umur saja bahkan AFC juga memutuskan beberapa kejuaraan lainnya mulai dari Liga Champions Asia, Piala Asia Futsal, hingga Piala AFC 2020.

Hasilnya, Piala Asia U-16 dan Piala Asia U-19 ditunda ke tahun 2021. Seharusnya Piala Asia U-16 digelar pada 25 November-12 Desember, kemudian Piala Asia U-19 pada 14-31 Oktober. Lalu Piala Asia Futsal digeser dari November ke 2-13 Desember.

Sementara untuk Liga Champions Asia untuk blok barat Qatar telah mengajukan diri sebagai tuan rumah dan di sisi blok timur belum ada yang tuan rumah yang di tunjuk oleh pihak AFC. (hfz)

Go to top