Print this page

Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang Kunjungi PT Gajah Tunggal

Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang Kunjungi PT Gajah Tunggal

detakbanten.com TANGERANG - Tim Satgas (Satuan Tugas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang mengunjungi PT. Gajah Tunggal.Tbk yang berlokasi di Kecamatan Jatiwung, Kota Tangerang Banten, Selasa, (8/09/20).

Kunjungan tersebut dipimpin langsung Sekretaris Satgas Bambang Sapto yang juga sebagai kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah, Kepala Dinas Kesehatan dr. Desi Riana Dinardianti, Juru Bicara Satgas Covid-19 dr. Hendra Tarmizi, Kepala Bidang IKP Diskominfo Abdul Munir, Serta Kepala Puskesmas Pasir Jaya Cikupa dr. Ai Siti Zakiyah dan Bagian Kerjasama Setda Kabupaten Tangerang.

Di sela-sela kunjungan tersebut Bambang Sapto mengatakan kedatangannya bersama anggota gugus tugas Covid-19 Kab. Tangerang di PT Gajah Tunggal Tbk untuk melihat dan memastikan penerapan Protokol Covid-19 benar-benar dijalankan dan juga untuk menyambung komunikasi yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

"Kita dari pemerintah Kabupaten Tangerang berkunjung untuk silaturahmi dan juga bertukar pikiran bagaimana serta menjalin komunikasi yang baik untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Cluster pabrik, jadi pada hari ini kita selain mengecek dari lingkungan pabrik dan bagaimana perusahaan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik," Katanya.

Menurut Bambang, biarpun kita berada di lintas Wilayah, tetapi karena ada karyawan PT Gajah Tunggal yang berdomisili di Kabupaten Tangerang Jadi dengan silaturahmi ini otomatis kita juga saling memberi informasi dan mempercepat penanganan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Tangerang.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Tangerang dr. Desiriana Dinardiyanti yang turut serta dalam kunjungan tersebut menambahkan bahwa pihaknya sangat senang bisa diundang oleh Gugus Tugas Covid-19 PT. Gajah Tunggal dan kami bisa melihat dan memastikan langsung penerapan dan Penanganan Protokol Covid-19.

"Kami meminta bagaimana solusinya ke depan agar tidak ada kasus bertambah lagi dan jangan sampai ada claster-claster baru dan menyebarkan ke wilayah-wilayah lain," Ungkap Desi.

Lanjut Desiriana, mungkin kami bisa mendengar langkah-langkah apa yang sudah dilakukan oleh pihak perusahaan Gajah Tunggal, jadi barangkali pihaknya bisa melihat kemudian sama-sama bagaimana kedepannya untuk menghambat jangan sampai ada cluster baru.

Sementara itu Ismail selaku General Manager GA dari PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan, ada beberapa upaya yang telah kami lakukan yaitu dengan berkerja sama dengan Pemerintah Daerah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dalam lingkungan usaha Industri seperti pembentukan Satgas Covid-19 sejak bulan Maret 2020.

Satgas tugasnya antara lain memastikan bahwa Protokol pencegahan Covid-19 dilingkungan usaha benar dilaksanakan seperti menggunakan masker secara benar, cuci tangan pakai sabun, penyemprotan disinfektan secara rutin, pengukuran suhu tubuh, dan jaga jarak.

"Upaya-upaya lainnya di luar lingkungan usaha, Perusahaan telah ikut berpartisipasi dengan menyumbangkan masker dan paket sembako di lingkungan sekitar Pabrik melalui tokoh masyarakat serta melalui Pemerintah Daerah, dimana Perusahaan bekerjasama dengan Yayasan Upaya Indonesia Damai (UID)," Kata Ismail.

Ismail melanjutkan, ketika mendapat informasi dari Puskesmas Pasir Jaya Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang bahwa beberapa warga dari suatu Pemukiman yang juga terdapat karyawan PT Gajah Tunggal Tbk terpapar Covid-19.

Ia lanjutkan, mendapat informasi tersebut Gugus Tugas Covid-19 yang telah dibentuk Perusahaan langsung melakukan tindakan Self Quarantine, Tracing, Testing & Treatment terhadap kontak erat yang teridentifikasi sehingga tidak menyebar, baik di Pemukiman tempat mereka tinggal maupun di tempat mereka bekerja.

Sebagai tambahan, Ismail menambahkan pada bulan Agustus 2020, pihaknya menerima informasi dari Puskesmas ada karyawan  yang tinggal di Desa Pasir Jaya kec cikupa terkonfirmasi positif Orang Tanpa Gejala (OTG) dan sudah dilakukan tindakan karantina mandiri selama 14 hari atau menjalani karantina Rumah Sakit di Kota Tangerang, masing-masing kontak erat dari karyawan tersebut dilakukan tindakan Karantina mandiri serta test secara bertahap sesuai prosedur.

"Karyawan-karyawan tersebut dipantau dan diberikan bantuan pengobatan dan vitamin sehingga mayoritas menunjukan hasil Negatif pasca Karantina mandiri. Untuk menghindari penularan melalui keluarga dekat, sebagai antisipasi kami melakukan test swab dan rapid test  secara  acak untuk memastikan karyawan kami  sehat dan bebas dari Covid-19," Tuturnya.

Seusai berdialog dan berkomunikasi di kantor Gajah Tunggal, tim Satgas berkeliling dan mengunjungi beberapa bagian produksi yang ada di PT Gajah Tunggal dan untuk melihat serta memastikan Protokol Covid-19 di PT Gajah Tunggal ternyata benar dilaksanakan dan sesuai dengan standar Protokol Covid-19 yang sudah ditentukan. (Rls)