Dua Paslon Bupati Serang Ikuti Tes Kesehatan, 24 Dokter Cek Disiapkan

Dua Paslon Bupati Serang Ikuti Tes Kesehatan, 24 Dokter Cek Disiapkan

detakbanten.com, SERANG - Tahapan untuk maju di Pilkada Serang, Dua pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Serang menjalani tes kesehatan yang telah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Serang.

Tahap pertama di hari Selasa 8 September 2020, Dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Serang, Ratu Chasanah-Pandji Tirtaya dengan Nasrul Ulum-Eki Baehaki mengikuti tes bebas narkotika, psikotes, serta interview.

Humas RSDP Serang, Dokter Kherul Anam mengatakan, terdapat 12 tahapan kesehatan yang harus diikuti oleh dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Serang.

"Bebas Narkotika, interview, Penyakit dalam, bedah, jantung , radiologi, mata, paru paru, syaraf, Rapid Test, gigi, dan psikologi," ungkap Dokter Khoirul Anam kepada awak media, di RSDP Serang, Selasa(8/9/2020).

Dokter Khoirul Anam juga menjelaskan, dokter yang disedikan sebanyak 24 tenaga medis. "Sudah dibentuk tim, jumlah tiap poli ada sekitar ada 2 dokter," jelas Dokter Khoirul Anam yang akrab disapa Dokter Anam.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar menambahkan, tes kesehatan dibagi menjadi dua tes, yang di laksanakan pada Selasa 8 September sampai dengan Rabu 9 september 2020.

"Hari ini ada 3 yang di tes. Pertama ada tes Narkotika dari BNN, psikologi, dan swab ulang (Interview). Besok baru cek fisik secara keseluruhan," kata Abidin.

Lanjut Abidin, untuk hasilnya tes kesehatan KPU akan mengumumkannya, dan hasil dari tes dari RSDP Serang akan diserahkan ke KPU seminggu kemudian.

"Nanti kita sampaikan siapa yang lolos atau siapa yang tidak lolos. Apalagi, berbicara kesehatan tidak bisa di publis pada hari ini, dan sifatnya pribadi," tegas Abidin.

Diakhir wawancara Abidin menegaskan, fungsi tes kesehatan ini untuk memastikan semua calon dalam keadaan sehat, karena sesuai aturan PKPU No 142.

"Yang jelas semua pasangan calon yang mempunyai penyakit tidak bisa di tolerin," tutup Abidin seraya mengakhiri wawancara.

Diketahui, pada kesempatan hari ini, tes kesehatan dilakukan pada Pukul 06:30 Wib, dengan diawali oleh Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa, dan diakhiri Nasrul Ulum-Eki Baehaki.

Sesuai peraturan PKPU, para Paslon maupun pendamping memakai masker, jarak jatak dan cuci tangan. Semua tamu juga harus mematuhi protokol kesehatan. (Aden)

Go to top