Print this page

Ikuti Metode PJJ, Masjid Al-ikhlas Bintaro Fasilitasi Murid Sekolah Dengan Wifi Gratis

Sejumlah murid dari beberapa sekolah tengah mengikuti metode PJJ dengan fasilitas wi-fi yang ada di masjid Al-ikhlas Bintaro. Sejumlah murid dari beberapa sekolah tengah mengikuti metode PJJ dengan fasilitas wi-fi yang ada di masjid Al-ikhlas Bintaro.

detakbanten.com PONDOK AREN - Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kerap di keluhankan orang tua murid lantaran terbatasnya akses internet dan kepemilikan handphone pintar atau smartphone.

 
Kondisi sosial ekonomi masyarakat, terutama masyarakat berpenghasilan rendah, PJJ menjadi persoalan serius bagi orang tua dalam memenuhi kuota internet yang memang menjadi salahsatu penunjang lancarnya program PJJ tersebut.
 
Menyikapi hal itu, pengurus Masjid Al-ikhlas Bintaro Xl, Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangsel, berinisiatif memberikan fasilitas kepada warga kawasan masjid berupa wifi.
 
Pengurus DKM Al-ikhlas Bintaro, Heriyanto mengatakan, fasilitas wi-fi tersebut, bertujuan untuk membantu murid-murid sekolah yang saat ini tengah mengikuti metode PJJ.
 
"Sejak hari Senin lalu, beberapa warga sekitar masjid mengikuti PJJ menggunakan wi-fi disini. Tujuannya agar murid tetap bisa mengikuti tugas dari sekolahnya masing-masing," kata Heri di Jalan Kucica Vll Bintaro, lokasi masjid Al-ikhlas berada.
 
Kendati para murid sekolah dapat mengakses jaringan wi-fi di Masjid Al-ikhlas, Heri tegaskan bahwa semua murid harus menerapkan physical distancing atau jaga jarak sesuai protokol kesehatan yang ada.
 
"Itu harus yah, memakai masker, cek suhu tubuh dan menjaga kebersihan harus diutamakan. Kita melarang mereka yang tidak menerapkan protokoler kesehatan," ungkapnya.
 
Heri terangkan, semua murid sekolah yang mengikuti metode PJJ di halaman masjid Al-ikhlas, rata-rata tinggal di rumah-rumah petakan atau kontrakan sekitaran masjid. Mereka, Heri bilang, terdiri dari pelajar SD dan SMP.
 
"Jumlahnya ada 8 orang. Kita batasi dulu jumlahnya. Karena kalau kita buka seluas-luasnya, nanti ngak terkontrol. Malah jadi ajang berkumpulnya orang. Ini juga kan ngak baik," ujarnya.
 
Heri berharap kegiatan yang dilakukan Dewan Pengurus Masjid (DKM) Al-ikhlas Bintaro bisa ditiru oleh DKM-DKM Masjid yang ada di Tangsel. Sebab, pemberian fasilitas wi-fi kepada murid yang tengah mengikuti metode PJJ,  membantu murid-murid sekolah yang mengalami keterbatasan kuota.
 
"Tapi itu tadi ya, harus di pantau dan penerapan physical distancingnya harus di jalankan. Mudah-mudahan ini dapat mengurangi beban hidup masyarakat ditengah wabah corona yang ada sekarang ini," tandasnya.