Print this page

Dampak Covid 19, Pemkot Serang Bagikan Beras di Kecamatan Kasemen

Dampak Covid 19, Pemkot Serang Bagikan Beras di Kecamatan Kasemen
detakbanten.com, SERANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Pertanian menyalurkan 70 Ton beras kepada 70079 kelompok tani di Kecamatan Kasemen yang meliputi, buruh tani, penggarap tani dan kelompok wanita tani (KWT), di Balai Penyuluhan Pertanian, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Rabu (12/8/2020).
 
Walikota Serang, Syafrudin mengatakan, jumlah bantuan yang diberikan kepada kelompok tani oleh Pemkot Serang Sebanyak 225 Ton disalurkan di enam kecamatan se-Kota Serang.
 
"Bantuan ini dalam rangka menanggulangi masyarakat Kota Serang yang terdampak covid. Kurang lebih sebanyak 225 Ton, hari ini di kecamatan Kasemen sebanyak 70079 orang, artinya ini sudah 70 ton, dari 225 ton diberikan 70 ton untuk kecamatan Kasemen," kata Syafrudin.
 
Menurut Syafrudin, para petani ini sangat terdampak, yang pertama adalah hasil tani yang kurang bagus, kemudian hasil penjualan dari pemasaran yang kurang mumpuni.
 
Ia menyebutkan, sebelumnya Pemkot Serang sudah beberapa kali memberikan bantuan untuk masyarakat yang terdampak covid 19 secara finasial. Ia menyebutkan, yang pertama bantuan dari dinas sosial berupa sembako untuk semua masyarakat kota serang, kemudian disusul bantuan dari dinas pertanian, lalu stimulan UMKM, selain itu stimulan kepada nelayan.
 
"Untuk petani itu Beras dan untuk para nelayan bantuan stimulan sebesar 500 ribu pernelayan, jumlahnya1527 nelayan," katanya.
 
Untuk itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat Kota Serang, dimasa peningkatan kesenjangan ekonomi masyarakat tidak hanya menunggu bantuan dari pemerintah. Melainkan saling bahu membahu dan mandiri.
 
"Kami harap kepada masyarakat jangan sampai hanya menunggu bantuan dari pemerintah akan tetapi semua juga terdampak termasuk pemerintah juga terdampak Covid ini, akan tetapi kami berharap masyarakat harus mandiri jangan berharap diberikan bantuan saja," katanya
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Edinata Sukarya menambahkan, bantuan bagi masyarakat Kota Serang yang terdampak covid sebanyak 225 ton lebih banyak diperuntukan untuk para petani, penggarap, dan KWT. Ia merincikan bantuan dialokasikan ke setiap kecamatan se-Kota Serang, dengan rincian yaitu  Kasemen 70097 , Walantaka 27011, Taktakan 18072, Serang 603, Curug 2052, Cipocok 1068.
 
"Ada sebanyak 15.403 ini semua masyarakat petani, sisanya 7000 itu untuk masyarakat yang rentan, nanti di tahap kedua, kita berikan nanti masyarakat yang rentan ini ada beberapa sekota Serang," tutupnya.