Kawal Survey Bareng Kementrian PUPR, Zaki Optimis 2021 Ketapang Akan Berubah Drastis

Kawal Survey Bareng Kementrian PUPR, Zaki Optimis 2021 Ketapang Akan Berubah Drastis
detakbanten.com MAUK - Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengawal tim dari Kementerian PUPR untuk melakukan survei ke lokasi usulan alokasi DAK integrasi bidang air minum, sanitasi, dan perumahan yang akan dibangun pada tahun anggaran 2021 di kawasan Aqua Culture Desa Ketapang Kecamatan Mauk pada Kamis, 6 Agustus 2020. 
 
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar optimis pada tahu 2021 ketapang akan berubah drastis menjadi kawasan yang Aqua Culture, yang tertata rapih, tidak kumuh.
 
Sebelum melakukan survei, Bupati Zaki dan tim dari Kementerian PUPR melakukan survei, beliau terlebih dahulu memberikan paparan tentang kawasan Aqua Culture di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk.
 
Dalam paparannya, Bupati mengatakan, kondisi Ketapang yang sebelumnya dan Ketapang saat ini walaupun progress dari yang sudah dibangun dari secara keseluruhan perencanaan kemungkinan baru di angka 40%, lebih banyak nanti penataan kawasan pemukiman setelah penataan kawasan wisatanya.
 
"Mudah-mudahan kawasan wisata ini menjadi destinasi yang memiliki potensi untuk unit-unit usaha UMKM masyarakat sekitar dan tentunya berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar," Katanya.
 
Bupati Zaki melanjutkan, peninjauan kawasan Ketapang untuk program DAK (Dana Alokasi Khusus) dari Kementerian PUPR pada 2021 terutama untuk pembangunan kawasan pemukiman setelah terbangunnya kawasan hutan mangrove dan kawasan pembibitan ikan dan udang, target pada 2021adalah menyelesaikan rumah deret.
 
"Penataan kawasan pemukiman masyarakat di Ketapang Insyaallah 2021 sudah selesai, dan 2022 penyempurnaan dan 2022 akhir lokasi ini akan menjadi tempat kunjungan dari peserta PEMSEA (Partnerships in Environmental Management for The Seas of East Asia) atau Organisasi Kemitraan Pengelolaan Laut dan Pesisir Negara Negara di Asia Timur. Semoga kolaborasi antara Kementerian, Provinsi dan Kabupaten Tangerang bisa membangun kawasan Ketapang dengan terintegrasi," Harapnya.
 
Sementara itu, Riono Suprapto selaku Kepala Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah (FID) Kementerian PUPR mengungkapkan, Kementerian PUPR mendukung program ini dan akan mengintegrasikan program ini dengan baik, untuk penganggarannya dari pusat maupun DAK terintegrasi, juga dari dana Provinsi dan Kabupaten.
 
"Dukungan kami konkretnya adalah membangun rumah untuk masyarakat yang akan diremajakan dalam bentuk konsolidasi, yang kedua adalah dukungan air minum untuk masyarakat di Ketapang, selain itu juga dilengkapi dengan sanitasi dan jalan lingkungan perumahan," Ungkapnya.
 
Program prioritas dari Bupati Tangerang kata Riono, untuk meremajakan pemukiman di sekitar Aqua Culture Ketapang Mauk memiliki potensi yang sangat tinggi, kami berharap program ini akan terealisasi di 2021 sehingga harapan Pak Bupati untuk ke depan di 2022 akan ada Summit PAMSEA di sini akan terwujud.
 
Setelah melakukan pemaparan, Bupati Zaki langsung melanjutkan peninjauan ke beberapa lokasi yang nantinya akan dibangun menggunakan DAK dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR. Disela-sela peninjauan, Bupati Zaki pun menyempatkan untuk melakukan pelepasan bibit udang vaname di lokasi tersebut.

 

 

Go to top