Kapten Liverpool Jordan Henderson Pemain Terbaik Versi FWA

Kapten Liverpool Jordan Henderson Pemain Terbaik Versi FWA
detakbanten.com BOLA - Kapten Liverpool, Jordan Henderson terpilih sebagai pemain terbaik Premier League 2019/20 versi Football Writers Association (FWA). Gelandang berkebangsaan Inggris itu mengalahkan perolehan suara playmaker Manchester City, Kevin de Bruyne.
 
Meski De Bruyne juga tampil mengesankan bersama The Citizen sepanjang musim ini, namun Liverpool sukses menjadi kampiun, di mana Henderson menunjukkan peran pentingnya.
 
Secara statistik mantan pemain Sunderland itu terlihat biasa saja, pria berusia 30 tahun itu mencetak empat gol dan lima assist dari 30 penampilan di Liga Inggris. Masih banyak gelandang lain yang punya catatan lebih baik ketimbang dia.
 
Tetapi, Henderson tak dipungkiri punya keunggulan dari jiwa kepemimpinan di lapangan serta semangatnya yang selalu membara, sehingga Liverpool bisa terus tampil trengginas musim ini. Sebelum pandemi virus corona, Liverpool cuma kalah sekali dan seri sekali dari 29 pertandingan.
 
Kriteria penilaian berbeda dengan penilaian pemain terbaik versi PFA, Pemain Terbaik FWA telah diberikan kepada pemain sejak musim 1947/48 oleh anggota FWA (sekitar 400 jurnalis sepakbola). Ini merupakan penghargaan individu tertua di sepak bola.
 
Sebelum dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Inggris, Henderson bukan favorit utama untuk memenangkan penghargaan ini. Ada Virgil van Dijk dan Sadio Mane, juga Marcus Rashford (Man United) dan Kevin De Bruyne.
 
Yang terakhir inilah yang sempat difavoritkan menjadi pemenang mengalahkan Henderson, namun akhirnya Kapten Liverpool yang memenangkannya. Sebagaimana diumumkan pada Jumat (24/7/2020).
 
Jordan Henderson jadi pemain Liverpool ke-12 yang memenangi FWA Player of The Year award. Liverpool jadi klub terbanyak yang memenangi penghargaan ini dengan total 14 pemain, unggul dari Manchester United dan Tottenham Hotspur dengan sembilan pemain. (hfz)
Go to top