Print this page

Kapolresta Tangerang Dorong Peningkatan Budi Daya Ikan Didalam Ember

Kapolresta Tangerang Dorong Peningkatan Budi Daya Ikan Didalam Ember
detakbanten.com SINDANG JAYA - Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kembali meninjau Kampung Tangguh Nusantara. Kali ini, ia meninjau Kampung Tangguh Nusantara di Desa Wanakerta, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, Selasa (21/7/2020).
 
Dalam kunjungannya kali ini, Ade mendorong masyarakat untuk meningkatkan kreativitas dan pemberdayaan di bidang budidaya ikan dalam ember (budidamber). Kata dia, budidamber dapat dilakukan oleh setiap warga karena relatif tidak memerlukan lahan ukuran besar.
 
“Budidaya ikan dalam ember atau budidamber bisa dilakukan semua warga, bahkan yang tidak memiliki lahan kosong,” kata Ade.
 
Dia menambahkan, ilmu atau tutorial budidaya ikan dalam ember agar disebarluaskan. Pimpinan Polresta Tangerang ini ingin, semua elemen masyarakat bergerak dan berdaya dalam upaya penguatan ketahanan pangan.
 
“Selain memanfaatkan lahan tidur, kita juga bisa memanfaatkan berbagai media untuk beternak atau bercocok tanam hidroponik. Poinnya, kita harus kreatif dan gotong-royong,” ujarnya.
 
Dia menambahkan, Kampung Tangguh Nusantara diantaranya berfungsi mengajak masyarakat untuk bersama mencegah penularan Covid-19 dengan cara menerapkan protokol kesehatan. Kata dia, saat ini masyarakat diminta untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru yaitu wajib menggunakan masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan salahsatunya rajin mencuci tangan.
 
Di samping itu, Kampung Tangguh Nusantara juga dapat difungsikan sebagai sarana menguatkan ketahanan pangan sebagai bagian dari peningkatan ekonomi. Lahan tidur atau media lainnya, kata dia, hendaknya dimanfaatkan untuk usaha agro atau ternak. Dengan demikian, masyarakat dapat bertahan di tengah pandemi.
 
“Harapan kita ilmu dan keterampilan disebarluaskan agar dapat membantu upaya ketahanan pangan sehingga elemen masyarakat dapat mandiri dan berdaya,” tandasnya.