BUMdes Gema Mandiri Desa Kramat Luncurkan Dua Program Unggulan

BUMdes Gema Mandiri Desa Kramat Luncurkan Dua Program Unggulan

detakbanten.com PAKUHAJI -- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gema Mandiri Desa Kramat, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, memiliki dua program unggulan yakni ekonomi kretif dan wisata pantai anom, Badan Usaha yang di bentuk dan dikelola oleh pemerintah Desa Kramat (BUMDes) bertujuan untuk menggali potensi lokal yang ada, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia, selain itu juga menciptakan dan membina potensi lokal untuk bisa berkreasi, inovatif dan produktif yang sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan menambah pendapatan asli desa.

Adi Permana direktur BUMDes Gema Mandiri Desa Kramat menjelaskan, Dalam rangka meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, saat ini BUMDes gema mandiri mengajak kepada putra -putri lokal untuk bisa mengembangkan potensinya bersama BUMDes gema mandiri.

"Kami mengajak kepada masyarakat Desa Kramat agar mengembangkan bakat kreasi nya melalui bumdes, hal itu guna mengurangi angka pengangguran serta meningkatkan ekonomi masyarakat setempat" ujar Adi kepada wartawan, Selasa 7/7/2020 di ruang kerjanya.

Unit usaha ekonomi kreatif ialah membuat sabun cair bermerk Suntree seperti hand saniteser, sabun cuci piring, softener dan aneka sabun cair lainnya. Unit usaha wisata pantai anom sebuah sumber daya alam lokal yang dikembangkan di kelola oleh BUMDes untuk menjadi wahana wisata.

"Meskipun masih banyak kendala dari sumber daya manusia dalam hal keterampilan pola dalam menciptakan kreasi, kami BUMDes gema mandiri terus memberikan pembinaan kepada masyarakat agar terus optimis untuk menciptakan sesuatu menjadi nilai ekonomi agar kesejahteraan masyarakat tercipta"ujar pria yang akrab di sapa Tobing.

Sejauh ini produk kreasi BUMDes gema mandiri dalam marketnya dibantu oleh tim PKK desa kramat.

" walaupun kami saat ini konsentrasi market pemasaran produk BUMDes untuk di ruang lingkup desa saja, Alhamdulillah produk -produk kami sudah masuk ke luar desa bahkan luar kecamatan,"ungkapnya

Ia berharap BUMDes gema mandiri sebuah projek percontohan untuk didesa lain khususnya di kecamatan Pakuhaji

"Untuk dikecamatan Pakuhaji desa yang memiliki BUMDes baru desa kramat, mudah - mudahan kedepannya desa lain bisa mengikutinya." tuturnya. (Ardy)

Go to top