PPDB Online SMP Kota Tangerang Dimulai, Kadis: Semoga Lancar dan Ortu Jangan Memaksa Masuk Negeri

Kepala Pendidikan Kota Tangerang Masyati Yulia. Kepala Pendidikan Kota Tangerang Masyati Yulia.
detakbanten.com KOTA TANGERANG – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat SMP Kota Tangerang tahun pelajaran 2020/2021 sudah mulai berlangsung, Jumat (26/6/2020). Dinas Pendidikan Kota Tangerang telah mensosialisakan mekanisme pendaftaran calon peserta didik baru.
 
Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Masyati Yulia mengatakan, para calon peserta didik baru dapat melakukan pendaftaran melalui operator sekolah atau secara mandiri melalui aplikasi PPDB Mandiri berbasis web dan android. 
 
“PPDB secara online dilakukan guna memberikan transparansi proses penerimaan peserta didik baru di Kota Tangerang,” ungkap Masyati.
 
Masyati juga meminta para calon didik baru dan orang tua bisa mendaftar anaknya melalui online tidak harus datang ke sekolah tujuannya, mengingat saat ini masih pandemi covid-19.
 
"Orang tua atau siswa kalau bisa jangan datang ke sekolah tujuannya, kan masih covid-19 ini," pintanya.
 
Masyati menerangkan, jumlah SMP negeri di Kota Tangerang berjumlah 33 sekolah dan mampu menampung sekitar 10.600 calon peserta didik baru. Sedangkan untuk pola seleksi PPDB, Dinas Pendidikan Kota Tangerang telah menetapkan urutan prioritas untuk masing-masing jalur pendaftaran. 
 
Sedangkan prioritas syarat utama untuk penerimaan calon peserta didik baru sesuai dengan syarat yang sudah sesuai aturan. Untuk jalur Zonasi kedekatan tempat tinggal ke sekolah, Usia, nilai rata-rata rapor lalu nomor urut pendaftaran. Jalur afirmasi dan perpindahan tugas orang tua/wali, urutan prioritasnya nilai rata-rata rapor lalu nomor urut pendaftaran namun tetap pakai dysrst usia jika yang  daftarnya banyak karena kuota hanya 15 persen dan Jalur prestasi, urutan prioritasnya tingkat kejuaraan, nilai rata-rata rapor, Usia, lalu nomor urut pendaftaran.
 
Pasca pembukaan pendaftaran para calon peserta didik baru, kesiapan Dinas Pendidikan Kota Tangerang hingga saat masih berjalan lancar melalui PPDB online.
 
"Alhamdulillah lancar" ujar Masyati kepada detakbanten.com via seluler, Sabtu (17/6/2020).
 
Masyati berharap orang tua peserta didik baru tidak memaksa untuk bisa masuk di sekolah negeri, karena pastinya ada batas daya tampung dengan jumlah sekolah negeri yang ada saat ini. Dirinya memastikan sekolah swasta yang ada di kota Tangerang juga bagus dan tentunya juga dapat bantuan dari pemerintah seperti BOS dan lainnya.
 
"Iya saya berharap ppdb dikota tangerang berjalan dengan lancar dan orang tua tidak harus memaksakan masuk ke sekolah negeri, swasta juga bagus juga ada bantuan dari pemerintah seperti BOS dan lainnya." harapannya.
 
 
Sebagai informasi, jadwal pendafataran PPDB online akan berlangsung:
- 26 – 28 Juni 2020 untuk jalur zonasi,
- 2 Juli 2020 untuk jalur afirmasi dan perpindahan orang tua/wali, dan 
- 6 – 7 Juli 2020 untuk jalur prestasi 
Informasi selengkapnya, calon peserta didik dapat mengakses di pusat informasi, pendaftaran dan pengolahan seleksi data peserta didik baru Tahun Pelajaran 2020/2021 pada laman https://ppdb.tangerangkota.go.id.
 

 

 

Go to top