Ribuan Buruh Pabrik Sepatu PT Cingluh Terkena PHK Disaat Pandemi Covid 19

Ribuan Buruh Pabrik Sepatu PT Cingluh Terkena PHK Disaat Pandemi Covid 19

detakbanten.com TIGARAKSA -- Ribuan buruh pabrik sepatu PT Victory Chingluh Indonesia, terkena PHK saat panedmi Covid 19 ini, pabrik sepatu merk NIKE yang berlokasi di Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang, Banten ini mengurangi karyawan diduga karena order pesanan sepatu dari luar negeri berkurang karena Covid 19. Berdasarkan informasi dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, PHK ini dilakukan terhadap 4.985 karyawan.

."Iya betul ada (PHK), pihak perusahaan sudah menyampaikan ke kami datanya. PT Victory Chingluh Indonesia, 4.985 (karyawan) PHK dampak COVID-19," terang Hendra Kepala Seksi Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang Senin (25/5/2020).

PT Victory Chingluh Indonesia ini merupakan pabrik yang memproduksi sepatu Nike. Menurut Hendra, data resmi PHK ini diterima pihaknya pada Selasa (19/5/2020) lalu.
.
"Jumlah itu yang disampaikan oleh pihak perusahaan ke kami tanggal 19 Mei 2020," terangnya.

Hendra mengatakan, sebelum melakukan PHK perusahaan tersebut sudah menginformasikannya terlebih dahulu kepada Disnaker. Selain itu, menurut Hendra perusahaan sudah menaati ketentuan PHK karyawan dengan mengikuti undang-undang ketenaga kerjaan.
.
"Pada waktu pertemuan oleh Kepala Dinas sudah disampaikan agar mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dari info yang disampaikan kepada kami (pesangon) dibayarkan, dan gaji sampai bulan Mei masih dibayarkan," jelas Hendra.

Ia mengungkapkan, produsen sepatu Nike itu sudah meminta bantuan Disnaker agar karyawan yang kena PHK bisa diarahkan mengikuti program Kartu Pra Kerja.
.
"Mereka minta dibantu untuk mendapatkan kartu Pra Kerja," tandasnya.

 

 

Go to top