Print this page

Kepala Medis FIFA Himbau Agar Kompetisi Sepakbola Tidak Dilanjutkan

Michel D’Hooghe Kepala Komite Medis FIFA . Michel D’Hooghe Kepala Komite Medis FIFA .
detakbanten.com BOLA - Michel D’Hooghe Kepala Komite Medis FIFA menghimbau agar otoritas sepakbola di tiap negara agar tidak melanjutkan kompetisi sampai kondisi dinyatakan kondusif.
 
Wabah Virus Corona telah melumpuhkan semua kompetisi di seluruh dunia sejak awal Maret lalu, namun sejumlah liga berencana akan melanjutkan sisa musim 2019/20 pada bulan Mei atau Juni mendatang, meski ada beberapa liga yang sudah dihentikan yakni Eredivisie Belanda dan Ligue 1 Prancis.
 
Seperti diketahui Bundesliga Jerman dan La Liga Spanyol akan melanjutkan kompetisi dengan tanpa penonton, tentu diikuti dengan protokol kesehatan yang ketat. Meski demikian, D'Hooghe sangat kontra dengan rencana seperti itu.
 
Dilansir dari Telegraph D'Hooghe mengatakan "Sepakbola mendadak bukan hal terpenting dalam hidup"
 
"Tentu saja saya akan sangat senang jika kita bisa memulai kembali sepakbola. Jika mereka bisa memulai musim 2020/21 pada akhir Agustus atau awal September, saya akan senang. Dengan begitu, serangan kedua virus ini bisa dihindarkan."
 
"Untuk saat ini, semuanya harus sangat hati-hati. Saya sudah mendengar ada banyak negara yang ingin menggulirkan sepakbola lagi tanpa penonton."
 
"Saya sudah sering melihat pertarungan keseimbangan antara ekonomi dan kesehatan seperti ini. Argumen ekonomi lebih sering menang. Tapi jika ada situasi bahwa argumen kesehatan menang atas argumen ekonomi, sekaranglah saatnya."
 
"Ini bukan tentang uang, ini adalah tentang hidup atau mati. Sesimpel itu."
 
D’Hooghe menambahkan, penularan virus corona tetap berisiko tinggi pada sebuah pertandingan yang digelar tertutup. penularan antarpemain dan staf sangat mungkin terjadi di ruang ganti, atau ketika pemain meludah di lapangan dan saling berkomunikasi.(Hfz)