Print this page

Ikuti Aturan Pemerintah, Ponpes Moderat Jami'atul Ikhwan Sosialisasikn Pencegahan Virus Corona

Ikuti Aturan Pemerintah, Ponpes Moderat Jami'atul Ikhwan Sosialisasikn Pencegahan Virus Corona

Detakbanten.com, SERANG - Mengikuti himbauan dari Kapolri dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, Pondok Pesantren (Ponpes) Moderat Jami'atul Ikhwan meliburkan santrinya, sebagian para santri sudah dipulangkan dari hari selasa kemarin, (31/3).

Hal itu dikarenkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan pesantren.

Pimpinan Ponpes Moderat Jami'atul Ikhwan, KH. Khudiri Yusuf mengatakan, dari Jumlah santri di Ponpes Moderat Jami'atul Ikhwan ada sebanyak 200 santri, dengan tingkatan sekolah menengah pertama (SMP) sampai tingkat madrasah aliyah, selain itu, juga ada santri pondok pesantren salafiyah.

"Jadi yang ada di sini (ponpes Moderat Jami'atul Ikhwan) sekitar tinggal 30 puluh persen dan itupun tiga kelas, jadi ketika pengajian sudah diterapkan pola menjaga jarak sebelumnya," ujar Pimpinan Ponpes, KH. Khudori Yusuf, usai melakukan sosialisasi Pencegahan Virus Corona, Kamis (2/4/2020).

Ia mengatakan, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona, pihaknya telah melakukan penyemprotan disinfektan serta membersihkan semua lingkungan di area ponpes.

Kemudian, lanjut Khudori, ia juga mensosialisasikan tata cara mencuci tangan dengan sabun sesuai anjuran pemerintah.

"Sudah saya sampaikan bahwa santri bukan hanya sebatas cuci tangan artinya kalau cuci tangan hanya kurikulum puskesmas, sementara pondok pesantren ada kurikulum yang namanya berwudhu, kan ada hadist cuci tangan," jelas Khudori

Khudori beranggapan, begitu pentingnya mensosialisasikan hidup bersih terhadap masyarakat, "Akhirnya masyarakat hidup secara bersih, karena kita tahu bahwa kita ini terkadang, masyarakat masih kurang perhatian terhadap lingkungan yang bersih dan sehat," tuturnya.

Diketahui, saat ini Ponpes Moderat Jami'atul Ikhwan, mendapatkan bantuan dari Polda Banten Berupa Masker, Hand sanitizer, sabun wastafel dan cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona