Manfaatkan Lahan Tidur, Warga Cilowong Tanam Ubi Jalar

Manfaatkan Lahan Tidur, Warga Cilowong Tanam Ubi Jalar

DetakBanten.com, Kota Serang - Rohidi (38) warga lingkungan Pasir Gadung Wadas, Kelurahan Cilowong, Kecamatan Taktakan Kota Serang, sehari hari bekerja sebagai operator Beko di TPSA Cilowong ternyata memiliki bakat sebagai petani.

Meskipun baru terbilang baru 2 tahun menggeluti petani, namun sudah banyak hasil yang di dapatkannya, seperti menanam Ketimun, Bonteng suri dan Terong.

Dengan luas tanah 1000 meter, dirinya memanfaatkan tanah milik orangtuanya untuk mencoba menanam Ubi jalar persis di belakang halaman rumahnya.

"Awalnya saya menanam ketimun, namun melihat Ubi jalar milik tetangganya, saya tertarik menanam ubi jalar," kata Rohidi yang juga sebagai Ketua Rt 12 Pasir Gadung wadas saat ditemu di kediamannya, Minggu (8/3/2020)

Rohidi mengatakan, Ubi jalar di tanam sejak Akhir November 2019 lalu. Kemudian ia gunakan pupuk kandang dari kotoran hewan kerbau milik Tetangganya. Alhasil Ubi jalar yang ia tanam sudah 4 bulan, kini sudah mulai di panen.

"Sudah 4 bulan saya nanam Ubi jalar, dan alhamdulilah hasil nya bagus, ga da yang busuk yang menghasilkan kurang lebih 1 ton. Ubi jalar Saya jual dengan harga Rp 5000 yang datang rumah, dan sebagian di bagikan ke tetangga," jelasnya.

Diakhir pembicaarannya, mendekati bulan Ramadhan, ia berinisiatif menanam bonteng suri di lahan miliknya orangtuanya dengan luas tanah 750 meter.

"Mudah mudahan hasil nya saat bulan Ramadhan, panen bonteng suri hasilnya memuaskan. Sehingga pada saat bulan Ramadhan berbuka puasa menikmati Bonteng Suri. Dan sebagian nya akan saya jual," harapnya.

Go to top