Dinas Perkrim Serahkan 1000 Rumah Hasil Bedah Program Gebrak Pakumis

Dinas Perkrim Serahkan 1000 Rumah Hasil Bedah Program Gebrak Pakumis
detakbanten.com TIGARAKSA - Dinas Perumahan , Permukiman Dan Pemakaman ( DPPP) Kabupaten Tangerang menyerahkan rumah hasil pembangunan kegiatan Bantuan Stimulan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (BSR2TLH) pada program Gebrak Pakumis tahun anggaran 2019 kepada penerima manfaat. 
 
Ada 1000 rumah yang dibangun Pemkab Tangerang yang bersumber dari APBD tahun 2019 yang tersebar di 20 Kecamatan.
 
Penyerahan tersebut diagendakan secara serentak selama 5 hari dari Senin tanggal 13 sampai dengan 17 Januari 2019, serah terima bantuan rumah tersebut secara serentak dilaksanakan oleh Dinas Perkim kepada penerima manfaat. Dihadir oleh masing-masing camat, Fasilitator Kabupaten Tangerang, dan pengurus Unit Pelayanan Kecamatan ( UPK) PNPM Mandiri Kecamatan.
 
"Kami berharap agar program gebrak pakumis ini bisa berlanjut, karena program unggulan Bupati Tangerang ini bisa secara langsung dirasakan manfaatnya," terang Iwan Firmnsyah Kadis Perumahan, Pemukima dan Pemakaman kepada wartawan, Kamis (16/1/2020).
 
Iwan mengatakan, pada tahun anggaran 2019 lalu, ada 1000 unit rumah tidak layak huni yang dibangun oleh pemerintah Kabupaten Tangerang, melalui program Gebrak Pakumis, selain rumah tidak layak huni, Dinas Perkrim juga membangun sanitasi berupa toilet dengan memakai septic tank biofile yang aman dan ramah lingkungan. 
 
"Kami berharap agar penerima manfaat bisa merawat dengan baik, sebagus apapun bantuan yan diberikan jika tidak dirawat maka tentunya akan menjadi sia-sia belaka" terang Iwan.
 
 
Kasi peningkatan kualitas permukiman
Dinas Perumahan Permukiman dan Pemakaman Heru Hendriansyah, jumlah rumah tidak layak huni di Kabupaten Tangerang mencapai 22 ribu unit, setiap tahun. 
 
Pemkab Tangerang menganggarkan kegiatan beda rumah dalam program gebrak pakumis ini jumlahnya sekitar 1000 unit, dengan dilengkapi pembangunan sanitasi berupa toilet dengan menggunakan bio septic tank, yang dijamin ramah lingkungan.
 
"Limbah yang keluar dari bio septic tank ini tidak akan berbau serta aman bagi lingkungan karena tidak meresap ke dalam air tanah, dan akan menjaga lingkungan tetap sehat." terang Heru.

 

 

Go to top