Peduli Bencana, Zaki Akan Gelar Gerebeg Mauk

Peduli Bencana, Zaki Akan Gelar Gerebeg Mauk

Detakbanten.com TIGARAKSA -- Bupati  Tangerang A. Zaki Iskandar berencana menggelar kegiatan "gerebeg Mauk" korban bencana angin puting beliung yang menimpa Kecamatan Mauk beberapa waktu yang lalu.

Grebek Mauk ini akan dilaksanakan selama dua hari dari Rabu tanggal 21 s/d 22 Desember 2019 yang akan di pusatkan di wilayah yang terkena dampak bencana.

Rencana melibatkan  semua unsur TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Organisani Masyarakat, PMI, KNPI, BPPKB unsur Kepemudaan dan masyarakat lainnya akan terjun dalam kegiatan tersebut, dan kurang lebih akan diterjunkan 500 orang personel gabungan.

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengatakan  kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah Kabupaten Tangerang terhadap warganya yang terkena musibah yang ada di Mauk.

"Masa saudara kita yang jauh saja di pandeglang dibantu, Ini saudara kita di Mauk juga sangat membutuhkan bantuan dari kita semua, maka dari itu kami menginisiasi kegiatan ini untuk membantu masyarakat Mauk, semoga apa yang akan dilakukan bisa meringankan beban mereka," Kata Zaki.

Zaki lanjutkan bahwa kegiatan gerebeg mauk ini akan sangat membantu saudara kita di Mauk, karena mereka semua butuh bantuan dan uluran tangan dari semua terutama dari Pemerintah.

Camat Mauk Arif Rahman Hakim Selaku mengatakan kegiatan "gerebeg Mauk" ini adalah kegiatan yang diinisiasi langsung oleh Bupati Tangerang, terhadap korban bencana angin puting beliung yang menimpa Kecamatan Mauk beberapa waktu lalu, dan ini merupakan bagian dari tanggap darurat puting beliung dan di tuntaskan di acara yaitu Grebeg Mauk.

"Acara itu lebih fokus kepada pembenahan rumah warga dan membangun ulang atau rekonstruksi rumah warga yang terkena dampak puting beliung dan target Bupati Sabtu-Minggu sudah beres semua rumah yang terkena dampak," ungkap Arif saat di hubungi via Telpon.

Menurutnya Dari total 375 rumah dari 5 desa yang terkena dampak, sebagian besar sudah dibangun mandiri sukarela, swadaya dari relawan-relawan lain dibangun dan ada beberapa rusak berat dan rusak total dan ini yang sampai sekarang masih dalam tahap rekonstruksi dan inilah yang akan digerebek oleh Pak Bupati supaya lebih cepat tuntas.

"Memang kurang lebih sekitar 38 rumah yang nanti akan di gerebeg karena memang ini agak berat dan masih dalam tahap perbaikan jadi nanti inilah pada sabtu-minggu akan dituntaskan rumah tersebut yang masih belum selesai direkonstruksi atau dibangun dan ini adalah kegiatan Bupati dan jajaran pemerintah Kab. Tangerang," ujar Arif.

Hal senada diungkapkan oleh Sekcam Mauk Cucu Abdul Rosyid, Hanya saja yang belum dituntaskan dan sabtu-minggu akan kita tuntaskan semua dengan Grebeg Mauk dan rekonstruksi dengan relawan, warga dan TNI Polri juga serta seluruh elemen pemerintah daerah akan turun di acara untuk membantu.

"Barusan kita rapat jajaran dan kita lakukan maping dengan Camat, Danramil, Kapolsek, PMI karang taruna para kepala desa dan seluruh organisasi bahwa kita menyiapkan tahapan-tahapan dan kesiapan personel pada waktunya nanti serta pembagian jobdesk nya," kata Cucu.

Media

 

 

Go to top