Print this page

Hasil Pertanian Padi Di Desa Badak Anom Diapresiasi Pemerintah

Hasil Pertanian Padi Di Desa Badak Anom Diapresiasi Pemerintah
detakbanten.com Sindang Jaya--Kelompok Tani Sebrang Mandiri Desa Badak Anom Kecamatan Sindang Jaya Kabupaten Tagerang berhasil panen raya tanaman padi di Musim Kemarau seluas 50 Ha. Kamis (12/12/2019).
 
Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Azis Gunawan yang hadir bersama Camat Sindang Jaya, Kapolsek Pasar Kemis, Danramil Pasar Kemis dan perwakilan BPTPHP Provinsi Banten saat panen raya mengatakan panen Raya ini merupakan program Demonstrasi Area Budidaya Tanaman Sehat Padi atau sering disebut program Dem Area Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian.
 
Dem Area tanaman padi di Kabupaten Tangerang sebanyak 1.100 Ha atau 22 Dem Area tersebar di beberapa kecamatan. Untuk satu Dem Area seluas 50 hektar hamparan sawah.
 
"Saya sangat senang dengan adanya panen raya di Desa Badak Anom ini, Saat ini masih musim kering walau baru masuk musim hujan tapi bisa panen raya," ujar Azis Gunawan
 
Ia mengaku Kelompok Tani Sebrang Mandiri ini menggunakan teknologi pompanisasi yang sumber air nya dari kali sekitar area persawahan.
 
Bahkan dalam satu tahun bisa panen dua kali. "Banyak sawah yang kering akibat musim kemarau yang panjang tetapi di Desa Badak Anom bisa panen dua kali dalam setahun," ucap Azis yang pernah menjabat Camat Pagedangan.
 
Azis putra Asli Mauk ini dalam sambutanya berjanji akan memberika bantuan 1 buah tracktor untuk kelompok tani Sebrang Mandiri pada musim tanam mendatang.
 
Ia lanjutkan, pasca kekeringan yang terjadi kemarin di wilayah Kabupaten Tangerang, pihaknya Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan akan memberikan bantuan sebanysk 6 ton bibit padi untuk kelompok tani.
 
"Posko kekeringan kita sudah tutup. kita Buka posko banjir untuk area persawahan. Karena saat ini sudah masuk musim hujan, karena itu kita buka posko banjir, mungkin ada petani yang terkena dampak banjir," ujar nya.
 
Camat Sindang Jaya H Abudin menambahkan Desa Badak Anom merupakan salah satu desa lumbung padi Di Kecamatan Sindang Jaya,
 
Desa Badak Anom yang wilayah nya berbatasan langsung dengan Desa Saga Balaraja para petani nya menggunakan pompanisasi sehingga saat ini petani bisa panen raya.
 
"Pompa ada bantuan dari Desa Badak Anom 2 buah dan milik kelompok tani dan perorangan," kara Abudi yang dilantik jadi Camat Sindang Jaya pada tanggal 25 Juli 2019.
 
Ditempat yang sama Komarudin perwakilan UPTD Benih dan Perlindungan Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan (BPTPHP) Dinas Pertanian Provinsi Banten menambahkan panen raya di Kelompok Tani Sebrang Mandiri merupakan panen raya yang paling akhir dari 22 Dem Area di Kabupaten Tangerang.
 
Program Dem Area ini untuk para petani dengan tujuan agar hasil tanaman padi yang ditanam petani hasilnya maksimal mulai dari pengolahan tanaman yang baik. Pemupukan padinya dengan agen hayati tanpa pestesida, benìh yang baik, pencegahan sarana hama atau OPT sehingga mendapatkan hasil panen yang baik pula.
 
Program Dem Area di Kabupaten Tangerang tada 22 titik, terdiri dari 19 Dem Area budidaya tanaman sehat dan 3 Dem Area dampak perubahan iklim. Untuk mendukung program Dem Area ini pihaknya memberikan bantuan bibit
 
Padi, bantuan dolomit, pupuk organik dan agen pengendali hayati, tanaman refugia.
 
Ketua Kelompok Tani Sebrang Mandiri Mad Ro'i mengaku sangat senang dengan panen raya ini, bila lihat hasilnya ada perbedaan dengan produksi sebelum ada program Dem Area dari Ditjen Tanaman Pangan Kementan, bahkan bobot berat padinya sangat berat.
 
Mad Ro'i mengaku kelompok tani yang dipimpinya sejumlah 83 orang, semuanya mendapatkan bantuan dari Program Dem Area ini yaitu bibit padi, pupuk organik, kapur dolomit, agen hayati refugia (bunga) mendatangkan musuh alami.