Print this page

Cuaca Hujan Disertai Angin Kencang, Polairud Polres Serang Kota Himbau Nelayan Harus Waspada

Kepala Satuan Polisi Air dan Udara (Polairud) dari Polres Serang Kota, AKP Entang Cahyadi Kepala Satuan Polisi Air dan Udara (Polairud) dari Polres Serang Kota, AKP Entang Cahyadi
Detakbanten.com, Kota Serang - Hujan deras yang tinggi disertai angin kencang sudah mulai memasuki wilayah Indonesia khususnya di perairan utara, Kota Serang. 
 
Untuk itu, Kepala Satuan Polisi Air dan Udara (Polairud) dari Polres Serang Kota, AKP Entang Cahyadi menghimbau kepada para nelayan di perairan Karangantu untuk tetap waspada saat melakukan aktivitas nelayan.
 
"Jadi jangan lupa bawa peralatan pengamanan lengkap, gunakan pelampung, jaket life yang harus melekat ditubuh nelayan ataupun penumpang ketika ingin melaut atau kepulau," kata Kasat Polairud AKP Entang Cahyadi saat ditemui diruangannya, Senin (09/12/2019).
 
AKP Entang mengatakan, pihaknya setiap hari melakukan patroli laut bersama BPBD Provinsi Banten dan TNI angkatan laut (AL) untuk selalu siap siaga ketika terjadi kecelakaan di laut.
 
"Kami rutin adakan patroli, kadang patroli gabungan juga. Kita selalu sosililasasi juga setiap harinya ke nelayan dengan menerjunkan empat personel polisi masyarakat (Polmas)," terangnya.
 
Tak lupa, ia juga memberikan pesan khusus kepada para nelayan untuk meningkatkan kewaspadaan, mengecek kelayakan perahu, dan selalu koordinasi dengan pihak terkait seperti BMKG tentang cuaca serta selalu bersinergi dengan polairud dengan saling memberikan informasi.
 
"Pahami karakter cuaca. Selalu berkoordinasi dengan Polairud dan BMKG," paparnya.
 
Jika terjadi sesuatu ditengah laut saat mencari ikan, para nelayan bisa memberikan informasi atau pertolongan melalui sambungan handphone.
 
"Kita juga mempunyai grup media sosial (medsos) Whatsapp, dari para pemancing, nelayan bahkan pemandu wisata. Biasanya kita selalu berkoordinasi melalui Whatsapp, sudah sering kita berjalan seperti ini, alhamdulillah belum ada kendala," tandasnya.(Aden)