Polemik Pemilihan Ketua Karang Taruna Desa Bitung Jaya Berujung Islah

Polemik Pemilihan Ketua Karang Taruna Desa Bitung Jaya Berujung Islah

detakbanten.com CIKUPA, —Polemik proses pemilihan Ketua Karang Taruna atau Temu Karya Desa Bitung Jaya diselesaikan dalam musyawarah, yang dipimpin langsung oleh Camat Cikupa Hendar Herawan, Jumat (6/9). Pertemuan yang berlangsung di kantor desa tersebut, memutuskan bahwa seluruh calon masuk dalam kepengurusan Karang Taruna Desa.



Pantauan dilapangan, pertemuan yang berlangsung sekitar pukul 15.00 WIB, ini sejatinya mundur dari jadwal yang tertera dalam surat undangan yakni pukul 14.00 WIB. Namun, semua tamu undangan dapat menghadiri pertemuan, diantaranya empat orang calon ketua Karang Taruna Desa Bitung Jaya, panitia pemilihan, Kepala Desa, perwakilan Koramil dan Polsek, Camat Cikupa beserta Sekcam Cikupa, Ketua Karang Taruna Kecamatan Cikupa dan perwakilan Karang Taruna Kabupaten Tangerang dan tamu undangan lainnya.

Camat Cikupa Hendar Herawan membuka pertemuan dengan meminta keterangan dari pihak panitia dan kendala yang dikeluhkan para calon ketua. Hendar menegaskan, jika pertemuan ini merupakan musyawarah untuk mencapai mufakat.

“Disimpulkan bahwa baik panitia maupun calon ada kekurangan. Bahkan kekurangan ini cukup vital. Jadi Tata Tertib (Tatib) mau salah atau jelek karena para calon sudah menandantangai pengesahan draftnya, ya harus diterima. Kemudian kekurangan dari panitia adalah kurang komunikasi dengan para calon,” jelasnya.

Setelah mengetahui benang merah masalah yang ada, Camat pun meminta keputusan solusi dari para calon dan panitia, serta meminta masukan dari Kades dan pihak lainnya. “Jadi saran solusi ada pemilihan ulang, menerima hasil pemilihan, dan semua calon masuk kepengurusan,” jelasnya.

Namun, tiga calon ketua yaitu Suhendar, Agus Sudrajat dan Zakiudin kompak ingin diulang, saat ditanya oleh Camat Cikupa terkait pilihan solusi yang ditawarkan. Sedangkan Jafar Sodik, yang mendapatkan suara terbanyak dalam pemilihan, memilih menerima hasil pemilihan. Hal ini senada dengan para panitia pelaksana.

Sementara itu, Kades Bitung Jaya Dedi menyarankan solusi yang baik untuk menengahi polemik pemilihan Ketua Karang Taruna Desa Bitung Jaya. Kata dia, semua calon masuk dalam kepengurusan baru. Yakni Ketua ditempati calon dengan suara terbanyak pertama, wakil ketua ditempati suara terbanyak kedua, sekretaris ditempati suara terbanyak ketiga dan bendara ditempati suara terbanyak terakhir.

Lanjut Camat Cikupa Hendar Herawan, hingga akhirnya sekitar pukul 17.45 WIB, maka diputuskan panitia menyerahkan hasil pemilihan ke Kades selaku pembina Karang Taruna Desa, untuk memberikan keputusannya.

“Akhirnya keputusan langsung oleh Kades dan sesuai dengan saran yang diusulkan Kades. Semua calon masuk dalam kepengurusan. Semoga semua pihak menerima hasil musyawarah ini dan menjadi hasil terbaik serta tidak ada lagi polemik,” pungkasnya.

Go to top