Sambut 1 Muharam, Ribuan Warga Balaraja Gelar Pawai Obor

Sambut 1 Muharam, Ribuan Warga Balaraja Gelar Pawai Obor

Detakbanten.com BALARAJA -- Kemeriahan dalam menyambut tahun baru hijriah 1 Muharam terjadi di seluruh wilayah di Kabupaten Tangerang, tak terkecuali di lapangan sepak bola Balaraja pada Sabtu (31/08/2019). Bahkan saking membludaknya warga, arus lalu lintas dari Kresek menuju jalan raya Tangerang dibawah fly over balaraja ditutup dan dialihkan ke atas fly over balaraja.

Dalam perayaan 1 Muharam tersebut, hadir wakil bupati Tangerang H Mad Romli, ketua dewan Pendidikan Kabupaten Tangerang Ust Komaruzaman sekaligus sebagai inisiator acara, Camat Balaraja Yayat Rohimat, Sekcam Balaraja Galih Prakosa, tokoh masyarakat se kecamatan, tokoh pemuda, tokoh ulama, ormas dan OKP se Kecamatan Balaraja.

" Alhamdulillah pada tahun ini semua tokoh masyarakat, ormas dan OKP ikut terlibat dalam mensukseakan acara 1 muharom" terang Ust Komaruzaman.

Dia mengatakan, 1 Muharam menjadi moment kebangkitan peradaban umat Islam. Hijrah merupakan penanda bagi perubahan cara berfikir dan bertindak. Hijrahnya Rosululloh dari Makkah ke Yasrib ( nama Madinah saat itu), bukan hanya karena tekanan dari kafir Quraisy، namun juga merubah minside dan wordveiu masyarakat Islam di Madinah.

" Di awali Dengan mengubah nama Yasrib menjadi Madinah almunawaroh yg berarti kota peradaban yg kosmopolit" terang Ust Komaruzaman

Acara peringatan 1 Muharam ini kata Ust Komaruzaman , merupakan acara yg diinisiasi elemen muda Balaraja dan merupakan kelanjutan acara beberapa tahun yg lalu yang di komandoi MWC NU Balaraja. Di tahun ini mulai di bangun kebersamaan dg mengikut sertakan seluruh OKP dan komunitas di Kecamatan Balaraja.

Sementara Wakil bupati Tangerang H Mad Romli berhrap agar peringatan 1 Muharram ini menjadi momen sebagai pemersatu warga, hijrah yang dicontohkan Nabi besar muhammad saw ini memberikan makna yang begitu dalam. Sejarah 1 Muharram tahun baru Islam, awalnya ditandai dengan peristiwa besar berupa peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Hal tersebut menjadikan sebuah penamaan kalender Islam.

" Pemkab Tangerang menyampaikan apresiasi kepada seluruh warga Balaraja yabg sudah merayakan 1 Muharam dengan aman dan lancar, serta jadikan 1 Muharam ini sebagai pemersatu bangsa" terang Mad Romli.

Sementara Camat Balaraja Yayat Rohimat mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Balaraja atas susksesnya acara perayaan 1 Muharam ini, acara ini merupakan bukti warga Balaraja kompak dan bersatu.

" Alhamdulillah pawai obor yang dilakukan oleh peserta juga berlangsung aman dan lancar" tandasnya."

Go to top