Iklan Roko Banyak Bertebaran Di Kota Serang, Harus Dikurangi Atau Dihilangkan

Iklan Roko Banyak Bertebaran Di Kota Serang, Harus Dikurangi Atau Dihilangkan

detakbanten.com SERANG - Maraknya iklan prodak rokok yang tersebar di tiap sudut jalan protokol dan pinggir jalan Kota Serang harus dikurangi bahkan kalau bisa dihilangkan.

Hal tersebut dikatakan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang Iqbal, menurutnya, Iklan rokok ini disadari atau tidak, memang seakan akan untuk mempermudah orang untuk membeli rokok. Bukan saja bagi perokok, bisa jadi orang yang belum merokok akan tergoda juga untuk membeli roko.

"Itu sudah bayak bertebaran dikota serang ini, dan iklan rokok tersebut bukan baru mulai yah, tapi sudah banyak." Ungkapnya, Rabu, 31/07/2019.

Hal tersebut dinilai sangat mengkhawatirkan, terang Iqbal, ditengah gencarnya Dinas kesehatan mensosialisasikan bahaya merokok dengan akan diterapkannya Kawasan Bebas Rokok (KBR), namun disisi lain banyak pula iklan iklan prodak rokok yang tersebar dijalan protokol dan tiap sudut kota.

"Kedepan, ini iklan iklan harus dibatasi atau dikurangi walaupun itu ada resiko, khususnya resiko pendapatan dan sebagainya." Terangnya.

Iqbal mencontohkan, dibeberapa daerah dengan penerapan pembatasan atau penghilangan iklan seperti itu sudah berjalan, dan perdanya itu juga sudah berubah.

"Sudah berubah, dan itu bisa, dalam arti iklan iklan roko tuh sudah dikurangi bahkan ada juga yang sudah tidak boleh." Tuturnya.

Ini menjadi suatu tantangan, lanjut Iqbal, tergantung kebijakan, percuman juga digembar gemborkan bahayanya meroko bila iklan roko itu memenuhi sudut sudut kota.

"Dan ini memang tantangan juga, kita berikan pemahaman, sosialisasi, lalu kita akan buat Kawasan Bebas Rokok (KBR), dan kalau memang ini harus di terapkan iklan iklan rokok itu juga harus dikurangi bahkan kalau bisa dihilangkan dan itu adalah pilihan." Tandasnya.

Go to top