Print this page

Konsen Pendidikan, Pemkab Serang Berikan Beasiswa UI hingga Biaya Hidup

Konsen Pendidikan, Pemkab Serang Berikan Beasiswa UI hingga Biaya Hidup

detakbanten.com SERANG - Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang kembali menganggarkan beasiswa untuk mahasiswa Universitas Indonesia (UI). Bukan hanya itu, sebagai komitmen bahwa beasiswa diberikan untuk masyarakat tidak mampu secara ekonomi, Pemkab Serang turut memberikan biaya hidup bagi penerima beasiswa.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang Asep Nugrajaya, pihaknya sudah melakukan rapat khusus dengan pihak UI perihal beasiswa dari Pemkab Serang. Termasuk proses pendaftaran masuk UI sudah dimulai melalui jalur SIMAK UI 2019. “Pendaftaran bisa melalui jalur SIMAK UI. Seleksi masuk Universitas Indonesia, “ kata Asep melalui keterangan tertulis, Selasa (18/6/2019).

Berdasarkan informasi dari laman simak.ui.ac.id, pendaftaran dimulai 10 Juni hingga 10 Juli 2019, ujian tulis 21 Juli 2019, dan pengumuman Juli 2019 (belum ditentukan tanggal). “Pendaftaran biasa jalur khusus masuk UI. Jadi harus mengikuti tes juga,” ujar Asep.

Menurut Asep, beasiswa UI pada tahun anggaran 2018 sempat tidak terserap karena tidak ada calon mahasiswa dari Kabupaten Serang yang lolos seleksi UI. Kemudian, lanjut Asep, Bupati Serang sudah berkoordinasi dengan UI agar calon mahasiswa asal Kabupaten Serang yang berprestasi serta tidak mampu secara ekonomi, mendapat prioritas.

Selain itu, Asep menjelaskan, mahasiswa yang menerima beasiswa dari Pemkab Serang akan diberikan pula biaya hidup per tahun. “Ibu Bupati tidak mau mahasiswa yang sudah mendapatkan beasiswa putus di tengah jalan karena persoalan biaya hidup. Jadi kami benar-benar menjamin keberlangsungan kuliah penerima beasiswa,” ujarnya Asep.

Sekadar diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang memberikan beasiswa perguruan tinggi untuk mahasiswa yang secara ekonomi kurang mampu. Beasiswa berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Serang untuk calon mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Indonesia (UI), dan Sekolah Tinggi Ilmu Adminitrasi (STIA) Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dalam beberapa kesempatan menyatakan, beasiswa diberikan dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Serang. “Saya yakin sumber daya manusia di Kabupaten Serang cukup berkualitas. Karena itu, bagi mahasiswa yang terkendala biaya, kami memberikan beasiswa,” ujarnya.

Menurut Tatu, beasiswa yang diberikan seiring dengan target Pemkab Serang untuk mendapatkan sumber daya manusia yang bisa berkontribusi untuk pembangunan di Kabupaten Serang. Ia mencontohkan, lulusan penerima beasiswa UI bisa diberdayakan sebagai tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan milik Pemkab Serang. “Bisa dikatakan, beasiswa ini semi ikatan dinas. Agar setelah lulus, bisa mengabdi untuk masyarakat Kabupaten Serang,” ujarnya.