Hari Pertama, Pelaksanaan UNBK Tingkat SMK di Kota Serang Berjalan Lancar

Hari Pertama, Pelaksanaan UNBK Tingkat SMK di Kota Serang Berjalan Lancar

detakbanten.com, KOTA SERANG - Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau bisa disebut juga Computer Based Test (CBT) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kota Serang berjalan lancar.



Pasalnya dalam pelaksanaan ujian tersebut tidak ada kendala. Mulai dari komputer, server, listrik hingga jaringan.

Demikian disampaikan oleh Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK se-Banten, Lilik Hidayatulloh yang juga merupakan Kepala SMKN 2 Kota Serang, saat ditemui di ruang kerjannya, Senin(25/3/2019).

Lilik mengatakan, bahwa pelaksanaan UNBK tahun 2019 tingkat SMK di Kota Serang bisa terbilang lancar. Sebab menurutnya,  hampir seluruh sekolah sudah pada memiliki ruangan lap komputer masing-masing. Bahkan, kata Lilik, untuk server pun, setiap sekolah telah menggunakan mode server Topologi Bus (Penghubung dari komputer satu ke komputer lainnya).

"Jadi sudah tidak ada kendala apapun. Mulai dari server, jaringan hingga ruang lap komputer. Semuannya telah tersedia," jelasnya.

Dalam pelaksaan UNBK itu pun, lanjut Lilik, tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena masih memakai tahapan 3 sesi. Dari pagi, siang hingga sore hari.

"Saya kira, pelaksanaan UNBK tahun 2019 tidak ada perbedaan dengan tahun 2018. Masih memakai cara bergantian," terangnya.

Kemudian, Lilik juga mengaku, bahwa apabila terjadi mati lampu dalam pelaksanaan UNBK, tidaklah khawatir. Dikarenakan, setiap SMK di Kota Serang telah memakai On Power System.

"Oleh karena itu, kita tidak khawatir apabila terjadi mati lampu dalam pelaksanaan UNBK. Karena kita sekarang telah terdapat On Power System, seperti sejenis genset," paparnya.

Dalam kesempatan itu pun, Lilik juga menerangkan, di SMKN 2 Kota Serang terdapat 811 peserta ujian, dengan total konpter sebanyak 288 unit, yang dibagi dengan 8 lap komputer.

Kemudian, sambungnnya, 1 lap komputer diisi dengan 36 unit komputer. "Pelaksanaan UNBK ini pun akan berjalan selama 4 hari," ujarnya.

Ditempat terpisah, Ketua Penanggung Jawab UNBK, SMKN 4 Kota Serang,  Andy Affandi menambahkan, bahwa di SMKN 4 Kota Serang, hanya terdapat 170 unit komputer dan 5 ruangan lap komputer. "1 ruangan lap diisi dengan 34 komputer, dengan  siswa 485," katanya.

Seperti diketahui, menurut informasi dari para SMK di Kota Serang.  Hari pertama mata pelajaran UNBK yaitu, B. Indonesia. Di hari kedua, Matematik, hari ketiga B. Inggris dan terakhir Teori Kejuruan.

 

 

Go to top