Print this page

Satpolair Polres Serang Gelar Latihan Peyelamatan

Satpolair Polres Serang Gelar Latihan Peyelamatan

detakbanten.com SERANG - Guna kesiapan serta kecepatan tanggapan dalam penanganan korban tenggelam, Satpolair Polres Serang Kota Lakukan latihan rutin penangan korban tenggelam dilaut diwilayah zona laut Polres Serang Kota, Selasa, 29/01/2019.

"Latihan rutin yang di lakukan empat sampat lima kali dalam sebulan ini, kita lakukan guna melatih kemampuan diri personil seperti berenang, evakuasi,pengangkatan mayat, penanganan pertama jika korban masih hidup, tehnik evakuasi." kata Kasatpolair Polres Serang Kota AKP Entang Chahyadi, Selasa, 29/01/2019.

Walaupun jumlah personil yang masih terbatas, jelas Entang, namun hal tersebut bukan satu halangan untuk lakukan pengabdian dan melayani masyarakat.

" Kalau jumlah personil kita disini seluruhnya ada 13 personil, dengan jumlah tersebut, untuk kebutuhan kantor memang kurang banyak, namun tidak jadi halangan." jelasnya.

Dengan luas wilayah laut sekitar dua puluh kilo meter dari bibir pantai, terang Entang, Polair Polres Serang kota mempunyai tiga unit kapal patroli, serta satu unit Raberbott untuk evakuasi sungai.

" Untuk alat kita alhamdulilah sudah cukup memadai guna menjangkau seluruh wilayah laut kita, serta menunjang kerja kita disini." terangnya.

Secara letak wilayah kota serang yang mempunyai garis pantai yang lumayan luas dan jalur sungai yang banyak, Entang menghimbau, untuk masyarakat khususnya nelayan baik yang berwisata ataupun melaut, agar selalu memperhatikan cuaca, serta alat keselamatan yang sudah di atur oleh perundang undangan agar lebih bisa meminimalisir kecelakaan atau musibah dilaut

"  Karna cuaca dilaut memang tidak bisa di tentukan, artinya dapat berubah sewaktu waktu, agar senantiasa memperhatikan faktor keselamatan terutama alat alat keselamatan di laut agar lebih bisa meminimalisir kecelakaan atau musibah dilaut,dan juga masyarakat yang ada di pesisir kali muara agar bisa lebih waspada terkait musibah banjir ataupun longsong, dan apabila terjadi hal hal  yang memerlukan penanganan dari pihak kepolisian polair agar langsung menghubungi kami langsung dikantor  polair serang kota di daerah karangantu kota Serang." pungkasnya.