Kelurahan Larangan Selatan Menjadi Titik Penilaian Hatinya PKK Tingkat Provinsi Banten

Kelurahan Larangan Selatan Menjadi Titik Penilaian Hatinya PKK Tingkat Provinsi Banten

detakbanten.com Kota TANGERANG - Setelah di terima oleh Tim Penggerak PKK Kota Tangerang,Tim juri PKK Provinsi Banten yang di pimpin oleh wakil ketua PKK Provinsi Banten yang membidangi Pokja III, Hj Nining Nurnaningsih langsung menuju titik penilaian Hatinya PKK (Halaman Asri Tentram Indah dan Nyaman) yang berlokasi di Kelurahan Larangan Selatan, Kecamatan Larangan Kota Tangerang, Selasa(15/12019).

Kehadiran Tim juri dari pokja III PKK Provinsi Banten,yang didampingi Tim PKK Kota Tangerang di sambut oleh Pengurus dan Kader PKK Kecamatan Larangan.Tim juri langsung mengunjungi beberapa titik yang menjadi indikator dalam penilaian Hatinya PKK. Seperti Administrasi PKK, Pemanfaatan pekarangan rumah yang di dalamnya berfungsi sebagai Taman Obat Keluarga (Toga), Kebun milik Kelompok Wanita Tani (KWT), Bank Sampah yang di kelola oleh kader PKK, Lingkungan warga bersih dan sehat, produk UKM PKK, serta melihat langsung aktifitas warga di Kampung batik PHBS Larangan Selatan.bahkan ketua tim juri Hj.Nining berkesempatan mencanting (membatik-red) di kampung tersebut.

Kepada wartawan Hj.Nining Nurnaningsih mengatakan, bahwa kegiatan penilain Hatinya PKK ini merupakan rangkaian dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke-47. Dalam lomba Hatinya tingkat Provinsi Banten, PKK Kota Tangerang mengajukan Kelurahan Larangan Selatan sebagai lokasi yang di jadikan titik penilaian tim kami.

"Kunjungan penilaian di Kota Tangerang dari tim juri Pokja III PKK Provinsi Banten,merupakan Kunjungan Penilaian perdana.karena Kota/Kabupaten lainya di Banten belum kami lakukan penilaian," ujar Nining.

Ia menambahkan,dalam penilaian Hatinya PKK di Kota Tangerang yang berlokasi di Kelurahan Larangan Selatan ini kami melihat lingkungan dan cara pemanfaatan  pekaranganya yang di lakukan oleh warganya sudah cukup baik.namun kami melihat masih ada space-space lahan kosong yang masih perlu di tanami tanaman penghijauan bermanfaat. Kedepan setelah kami melakukan penilaian di Kota/Kabupaten lainya akan kami tentukan juaranya, yang menjadi juara nantinya akan kami ajukan untuk mengikuti lomba Hatinya PKK di tingkat Nasional.

"Nantinya dari Hasil penilaian di 8 Kota/Kabupaten yang ada di Provinsi Banten,akan kami tentukan juaranya.Nah nanti yang menjadi juaranya akan kami lombakan untuk tingkat Nasional mewakili Provinsi Banten." Terangnya.

Sementara itu Hj.Ani Sri Wahyuni Budaeri, perwakilan dari tim Penggerak PKK Kota Tangerang yang juga ketua tim III PKK Kota Tangerang mengatakan, bahwa tim PKK  Kota Tangerang telah berupaya maksimal dalam mensosialisasikan cara memanfaatkan halaman rumah yang baik. Selain itu kami juga terus berupaya untuk menumbuhkan kesadaran warga dalam menata lingkungan yang asri,bersih dan sehat.

"Tim kami tak henti-hentinya mengajak warga untuk berinovasi dalam memanfaatkan setiap sudut lahan yang kosong yang ada di pekarangan untuk di tata menjadi lingkungan yang asri. Seperti mengisi space tembok dengan pot-pot yang bahan bakunya berasal dari bahan limbah rumah tangga dan menanaminya dengan tanaman obat yang bermanfaat. sekarang bisa kita lihat setiap gang suasananya menjadi asri,hijau dan rindang." imbuhnya.

Diakui Ani, bahwa untuk wilayah Kota Tangerang yang notabene sebagai kota Metropolitan,kami memiliki kendala khususnya ketersediaan lahan pekarangan yang memadai. Sehingga yang bisa kami lakukan adalah menata pekarangan-pekarangan rumah warga yang lahanya sangat minim.

"Yang terpenting bagi kami adalah bagaimana menumbuhkan kesadaran warga dalam menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat baik di dalam Keluarga maupun lingkungan." Pungkasnya.

 

 

Go to top