Delegasi Kabupaten Tangerang Jadi Pembicara di Ajang Internasional

Delegasi Kabupaten Tangerang Jadi Pembicara di Ajang Internasional

detakbanten.com PHILIPINA,SN—Gerbang Mapan (Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai) salah satu program unggulan Bupati Tangerang kembali menorehkan kebanggaan dengan dipercaya sebagai Pembicara dalam Sesi Youth Forum East Asian Kongress 2018 di Ilo Ilo Philipina, Rabu (27/11).

Dalam acara tersebut delegasi Kab. Tangerang dipimpin Asisten Daerah (Asda) I Hery Heryanto, Kabupaten Tangerang diminta memaparkan terkait pelaksanaan pemberdayaan masyarakat pesisir melalui Pesisir Mengajar

Dihadapan peserta yang berasal dari 10 negara yakni, Jepang, China, Philipina, Thailand, Malaysia, Singapore, Timor Leste, Vietnam, Laos, Kamboja dan Indonesia tersebut, Asda I Hery Heryanto menjelaskan bahwa dari jumlah penduduk Kabupaten Tangerang yang mencapai lebih dari 3 juta jiwa, sebanyak 7 persen diantaranya berada dalam garis kemiskinan. Mereka mayoritas berada di wilayah pesisir Pantura. Itulah yang mendasari Pemkab Tangerang untuk membuat program Gerbang Mapan untuk mengentaskan masalah kemiskinan di wilayah Pantura.

Namun lanjut Hery untuk mengentaskan masalah kemiskinan tersebut tentunya pemerintah tidak bisa seorang diri melainkan butuh dukungan dari seluruh pihak termasuk para pemuda.
Para relawan Pesisir Mengajar yang direkrut oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Perikanan ini kemudian diberikan pemahaman, tentang lingkungan. Diharapkan dengan bekal pengetahuan yang dimilikinya tersebut bisa mereka bisa menularkannya kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi di lapangan, baik saat ini maupun nanti,” papar Hery.

Hery menjelaskan Pemerintah Kabupaten Tangerang menyadari apa yang dilakukan oleh para relawan Pesisir Mengajar ini tentunya bukan perkara yang mudah dan dapat dirasakan hasilnya dalam waktu dekat. Namun begitu lanjut Hery, apa yang dilakukan para relawan ini jika fokus dan dilakukan dengan sepenuh hati dapat mengubah mindset pada generasi muda agar mampu mengembangkan potensi diri serta sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

“Jangan berharap melakukan hal yang spektakuler, saat ini yang dibutuhkan dari para relawan adalah mampu mengubah mindset generasi muda menjadi lebih baik saja itu sudah sangat berarti bagi Kabupaten Tangerang,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Herry Wibowo menjelaskan, tahun ini Kabupaten Tangerang lewat Disporabudpar juga mengirimkan 2 relawan Pesisir Mengajar dalam Youth Forum East Asian Seas Congress 2018. Menurut Herry keikutsertaan para relawan ini diharapkan dapat memperkaya wawasan mereka dengan berdiskusi dengan delegasi negara lain, sehingga bisa menjadi bahan perbandingan untuk bisa diterapkan di Kabupaten Tangerang.

“Karena ICM atau Pengelolaan Pesisir Terpadu merupakan lintas sektor , peran semua SKPD akan dikuatkan lagi pada masa yang akan dengan membentuk Tim lintas SKPD di Kabupaten Tangerang untuk mengawal Gerbang Mapan,” pungkasnya.

Go to top