Print this page

Atasi Krisis Air Bersih, SPAM PT Tirtaamarta Nusa Karawaci Dibangun

Atasi Krisis Air Bersih, SPAM PT Tirtaamarta Nusa Karawaci Dibangun

detakbanten.com CURUG -- Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kelurahan Binong Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang dibangun, peletakan batu pertama pada Kamis (15/11/2018) sebagai tanda dimulainya pembangunan SPAM tersebut. SPAM dibangun di tandon air perumahan Aryana, Griya Karawaci ini untuk mengantisipasi krisis air bersih dan mengurangi banjir di Kelurahan Binong.

Dalam acara tersebut, hadir Ir Haryo tim tekhnis dari ITB, Lurah Binong Imas Masitoh, Lurah Sukabakti Obang, Usup Supriatno dari PT Tirta Marta Karawaci, Herman Purwadinata dari PT Puri Nusa dan Mariano Santoso,Camat Curug yang diwakili Cucu Kasi Ekbang Kecamatan Curug, Wakpolsek dan Danramil. Ini dibangun karena saat ini warga Binong kesulitan mendapatkan air bersih, SPAM ini dibagun oleh PT Tirta Marta Karawaci, dengan menggunakan bahan baku air yang berasal dari tandon air perumahan, tandon air disiapkan untuk menampung air luapan kali Sabi pada saat banjir.

"Kami mendukung adanya pembangunan SPAM, karena warga Binong sangat sekali membutuhkan air bersih," terang Lurah Binong Imas Masitoh.

WhatsApp Image 2018 11 16 at 14.12.52

Imas Masitoh menjelaskan, tidak ada manusia yang sanggup hidup tanpa minum. Begitu pula, air bersih layak minum menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan. SPAM yang dibangun PT Tirta Marta Nusa Karawaci rencananya akan mempokuskan pelayanan air bersih di Kelurahan Binong, sehingga warga tidak repot-repot lagi membeli air dari pedagang air keliling. Lurah Binong meminta agar SPAM PT Puri Nusa menambah layanan cakupan kepada warga perumahan Binong Permai.

"SPAM ini berasal dari air baku yang disimpan ditandon air, kemudian diolah menjadi air bersih yang layak untuk diminum." terang Imas.

WhatsApp Image 2018 11 16 at 14.12.53 1

Sementara Kepala divisi pemasaran PT Tirtaamarta Nusa Karawaci Usup Supriatno mengatakan, pengelolaan air dengan SPAM ini bisa menghasilkan air yang layak bagi kesehatan, karena saat ini PDAM TKR Kabupaten Tangerang belum bisa melayani warga Binong, akibat tidak ada pipa jaringan, sehingga banyak warga terutama warga perumahan Binong Permai yang menginginkan agar cakupan layanan SPAM bisa tersambung bukan hanya di perumahan Aryana saja.

"Warga yang kemudian difasilitasi oleh Lurah Binong Imas Masitoh, meminta agar SPAM PT Tirtaamarta Nusa Karawaci menambah cakupan wilayah," terang Usup Supriatno yang juga caleg Dapil Kabupaten Tangerang asal kelurahan Binong Curug ini

WhatsApp Image 2018 11 16 at 14.12.53