Pemkab Tangerang Canangkan 19 Kampung KB dan Kesatuan Gerak PKK KB 2018

Pemkab Tangerang Canangkan 19 Kampung KB dan Kesatuan Gerak PKK KB 2018

detakbanten.com JAYANTI, -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Tangerang menggelar kegiatan Pencanangan 19 Kampung KB dan kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tingkat KabupatenTangerang Tahun 2018 di Desa Pangkat Kecamatan Jayanti, Kamis (1/11).

Kegiatan tersebut dipadukan pula dengan pemberian hadiah Juara Lomba Kampung KB Percontohan, Tingkat Propinsi Banten, dimana Desa Pangkat sebagai tuan rumah berhasil menjadi juara I dan berhak mewakili Provinsi Banten untuk mengikuti Lomba Kampung KB Percontohan tingkat nasional.

Direktur Advokasi dan KIE pada BKKBN Pusat Sugiono yang hadir dalam acara tersebut menjelaskan jika Kampung KB adalah upaya membumikan program Kependudukan, KeluargaBerencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), mendekatkan pelayanan KKBPK kepadakeluarga, serta memperkuat 8 fungsiKeluarga dan mengintegrasikan lintas sektor dalam memberikan pelayanan kepada keluarga dan membangun keluarga dari pinggiran

Sugiono menambahkan, pentingnya KB Kesehatan bagi keluarga, karena mulai pendekatan dengan keluarga hal yang penting di era milenial. Dalam sambutannya Bupati Tangerang a. Zaki Iskandar yang dibacakan Asisten Bidang pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Heri Heryanto berharap dengan terbentuknya Kampung KB ini bisa meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat melalui Program KK BPK yang terintegrasi dengan sektor Pembangunan lain.

Menurut Zaki pada tahun 2016 KabupatenTangerang telah membentuk 29 Kampung KB, pada tahun 2017 sebanyak 5 Kampung KB dan padatahun 2018 sebanyak 19 Kampung KB, sehingga total Kampung KB yang sudah dibentuk dari tahun 2016 sampai 2018 sebanyak 53 Kampung KB.

Zaki menambahkan, proses Pembentukan Kampung KB dengan melaksanakan pemetaan potensi wilayah yang mencakup potensi pengelola desa (kader danTokoh masyarakat), potensi kegiatan yang ada, di desa yang dikelola oleh Kelompok Ketahanan (Poktan) dan kegiatan sektor lainnya, serta potensi pelayanan di desa seperti Posyandu, Polindes dan bidan praktek.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangerang Yuli Zaki Iskandar mengatakan, keberhasialan Kampung KB merupakan wujud nyata sinergi antara DPPKB Kabupaten Tangerang, kader-Kader PKK yang handal serta peran penting masyarakat dalam pembinaan.

" Pembinaan yang kita lakukan, harus menyeluruh dan tidak boleh seremonial semata dan pencanangan Kampung KB pun harus terus berjalan kegiatannya," ujar Yuli.

Yuli berharap seluruh kader PKK di kecamatan di Kabupaten Tangerang ini agar terus fokus dalam pembinanan di setiap desa.

" Saya harap semua kader PKK khususnya di Desa Pangkat yang sudah meraih prestasi bisa lebih aktif lagi dalam menjalankan 10 program pokok PKK yang telah dicanangkan selama ini," ucap Yuli.

Sementara itu Kepala DPPKB Kabupaten Tangerang Teteng Jumara menambahkan kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan merupakan suatu kegiatan konferhensif dan terpadu, untuk meningkatkan cakupan pelayanan berkualitas dalam Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Keluarga Berencana dan Kesehatan sebagaimana tertuang dalam upaya pencapaian RPJMD Kab. Tangerang.

“Dengan meningkatnya cakupan pelayanan yang berkualitas maka akan tercipta keluarga yang sehat, aman dan sejahtera,” pungkasnya.

 

 

Go to top