Kube Usaha Jaya Solear Torehkan Prestasi di Tingkat Nasional

Kube Usaha Jaya Solear Torehkan Prestasi di Tingkat Nasional

detakbanten.com TIGARAKSA -- Kelompok usaha bersama (Kube) Usaha Jaya merupakan satu diantara kube yang menorehkan prestasi mulai dari tingkat Provinsi Banten sampai ke tingkat Nasional, kube yang berlokasi Kampung Bojongranji RT 11/04 Desa Cikuya Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang Provinsi Banten ini, telah mengharumkan nama Kabupaten Tangerang di tingkat nasional.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Kube Usaha Jaya pada tahun 2014 mendapatkan bantuan modal decontrasi dari kementrian sosial, bantuan modal tersebut kemudian dia gunakan untuk membuat kelompok usaha pembuatan sepatu, dengan modal awal tersebut, Kube yang diketuai Sulaeman ini mampu mengembangkan kerajinan sepatu ini, dengan memasarkan produk sepatu ke daerah Jabodetabek.

"Alhamdulillah dengan binaan dari Dinsos Kabupaten Tangerang, Kube Usaha Jaya ini bosa membawa harum nama Kabupaten Tangerang ke tingkat Provinsi dan tingkat Nasional" terang Hambali Pendamping Kube Usaha Jaya.

Hambali mengatakan, pada tahun 2017 lalu kube Usaha Jaya menoreh prestasi juara ke satu tingkat provinsi dan meraih juara ke tiga tingkat nasional. "Saya sebagai pendamping diberikan motivasi oleh Dinas Sosial, supaya dalam mendampingi masyarakat dapat memastikan mereka bisa mandiri dan bekerja produktif," tandasnya.

Staf Dinsos Kabupaten Tangerang Oding Syaridudin mengatakan Kube Usaha Jaya merupakan satu dari Kube yang saat ini terus dibina, prestasi yang ditoreh Kube Usaha Jaya ini, merupakan kebanggaan tersendiri bagi pemerinth daerah, karena prestasi ini bisa merangsang Kube lain utnuk merubahan sikap, mental, dan cara berpikir masyarakat terutama para penerima bantuan. Masyarakat diharuskan memiliki mental kaya, kemauan keras dan motivasi kuat untuk mandiri.

"Seberapa pun besar bantuan diberikan kepada mereka, tidak ada gunanya kalau mereka tidak memiliki mental kaya, kemauan keras dan motivasi kuat untuk mandiri," kata Oding Sarifudin staff Dinsos Kabupaten Tangerang.

Sementara Kepala Dinsos Kabupaten Tangerang Arsyad Husen berharap agar Kelompok Usaha Bersama (KUBE) untuk memandirikan rakyat secara ekonomi. KUBE merupakan program Kementerian Sosial yang berfokus pada pemberian bantuan bagi sekelompok orang yang mengelola usaha ekonomi. 

"Tugas pendamping adalah memastikan bantuan pemerintah untuk keluarga miskin dikelola dengan dengan baik dan membawa kemandirian ekonomi," kata Arsyad Husen. 

 

 

Go to top