Baru Dibangun, Turap Senilai Rp12.5 Miliar Ambrol

Baru Dibangun, Turap Senilai Rp12.5 Miliar Ambrol

Detakbanten.com TIGARAKSA -- Turap penahan tanah ( TPT) yang dibangun PT Griya Cemerlang sejahtra ambruk akibat tidak bisa menahan bobot tanah. Proyek yang bersumber dari APBD Kabupaten Tangerang dengan judul kegiatan peningkatan jalan Sech Nawawi Bojong - Bugel ini, merupakan kegiatan dari dana alokasi khusus (DAK). Beruntung dalam peristiwa teraebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Pantauan dilapangan, turap dengan ketinggian diatas tiga meter ini ambrol sekitar tiga hari yang lalu, proyek tersebut masuk ke wilayah RT 11/04 Desa Bojong, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang. Ketua RT 11/04 Kardikin mengatakan, ambrolnya proyek tersebut terjadi akibat banyaknya tanah bekas kupasan pelebaran Ualan Raya Pemda.

"Saya tidak melihat kejadian awalnya, begitu saya kelokasi, turap ambrul beruntung tidak menimbulkan korban jiwa," ujarnya.

Sementara Solehudin, Kabid Jalan dan Jembatan pada Dinas Binamarga dan SDA Kabupate Tangerang sudah mengetahui adanya peristiwa ambrolnya turap penahan tanah (TPT), Dia sudah melaporkan
adanya periariwa tersebut kepada pimpinanya, dari sisi tekhnis kata Solehudin, bahwa jika ketinggian turap diatas tiga meter. Maka sebaiknya harus dibuat turap dengan menggunakan beton seperti proyek jalan kantor Pos - Gudang Tigaraksa.

"Kami berencana akan mengubah perencanaan dengan memanggil konsultan UI, karena kalau tidak diubah akan ambrol kembali," tandasnya.

Go to top