Dana Desa Tahap Kedua Segera Cair

Dana Desa Tahap Kedua Segera Cair

detakbanten.com TIGARAKSA - Pemkab Tangerang melaui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) segera mencairkan dana desa tahap kedua pada pekan depan. Dana desa tahap kedua yang bersumber dari APBN ini akan dicairkan sebanyak 40 persen.

Hal tersebut dikatakan Kasi Fasilitasi Pengelolaan Keuangan pada DPMPD Kabupaten Tangerang Nurul Huda. Dana desa yang sudah dicairkan pada tahap pertama sebesar 20%, untuk tahap kedua ini DPMPD akan mencairkan sebesar 40%. Sisanya akan dibayarkan pada tahap di September sebesar 60%.

"Untuk tahap kedua, baru ada 95 desa yang menyelesaikan pengajuan proposal. Kalau dana bagi hasil pajak dan retribusi, yang berasal dari APBD Kabupaten Tangerang, ditahap pertama sudah dicairkan sebesar 60% sisanya 40% di Agustus," kata Huda pada Selasa, (31/7/2018).

Sementara, Staf DPMPD Kabupaten Tangerang Dikdik mengatakan, untuk setiap pencairan pihaknya selalu mengikuti prosesur yang ditentukan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat atau pemerintah daerah. Sesuai dengan petunjuk tekhnis dan petunjuk pelaksanaan. Sebelum direkomendasikan untuk dicairkan, DPMPD selalu melakukan penelitian berkas administrasi, terutama proposal yang diajukan.

"Setelah pencairan, DPMPD selalu melakukan monitoring ke setiap desa, jika sesuai maka kami segera melakukan langkah-langkah, sehingga kecil kemungkinan kepala desa mau bermain-main dalam mengelola dana desa," tandasnya. (infokom)

Go to top