Disporabudpar dan PPI Gembleng 50 Calon Paskibra

Disporabudpar dan PPI Gembleng 50 Calon Paskibra

Detakbanten.comTIGARAKSA - Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) dan Purna paskibraka (PPI) Kabupaten Tangerang menggembleng calon pasukan pengibar bendera (paskibraka) pada Sabtu (21/7/2018) di Lapangan Sultan Maulana Yudha Puspemkab Tangerang.

Ke-50 calon paskibra tersebut berasal dari sekolah yang sudah diseleksi pada bulan yang lalu. Ke 50 calon paskibra tersebut rencannya digembleng selama satu bulan untuk ditugaskan sebagai pasukan pengibar bendera di acara HUT RI ke-73.

Kasi Kepemudaan Disporabudbar Kabupaten Tangerang Andi Sulaiman mengatakan, pada bulan lalu Disporabudpar membuka peluang bagi anggota paskibra di sekolah menengah tingkat atas (SMA) yang tersebar di 29 kecamatan. Alhasil ada 1.200 siswa yang ikut mendaftar sebagai calon paskibra. Namun setelah diseleksi hanya ada 348 siswa saja yang memenuhi persyaratan, dari 348 siswa kemudian dilakukan tes, dan hasilnya sebanyak 57 siswa yang dinyatakan lolos.

"Kami juga mengikutsertakan 10 orang siswa terbaik untuk mengikuti seleksi Paskibra tingkat pusat dan provinsi, enam orang dinyatakan lolos di tingkat provinsi. Satu orang lolos ditingkat nasional," terang Andi.

Sementara, Ketua PPI Kabupaten Tangerang Edi Heriyanto mengatakan, PPI dan Disporabudpar sudah mengadakan pendidikan dan latihan (diklat) di SMAK Penabur, diharapkan dengan adanya diklat ini, calon pengibar sang saka merah putih ini bisa melaksanakan tugasnya dalam upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan republik indonesia.

"Insya Allah kami akan berusaha semaksimal mungkin dalam mendidik dan membina calon paskibra sehingga calon paskibra mampu tampil prima dalam menjalankan tugasnya," tandasnya. (infokom)

Go to top